Kompas TV nasional peristiwa

Harga Cabai Diperkirakan Masih Akan Pedas Hingga Awal Februari

Kompas.tv - 18 Januari 2021, 05:55 WIB
harga-cabai-diperkirakan-masih-akan-pedas-hingga-awal-februari
Cabai Merah. Hingga pertengahan Januari, harga cabai masih terus melonjak, dan Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) memproyeksikan harga cabai masih akan bertahan tinggi hingga awal Februari 2021 (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Edwin Shri Bimo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Cabai adalah bahan pokok selera citarasa kuliner lezat Indonesia. Tiada rendang tanpa cabai, begitu juga sambal krecek, pecel lele dan dabu-dabu. Bagi sebagian besar rakyat Indonesia, hidup terasa hampa tanpa cinta, namun bagi sebagian lain, hidup terasa hampa tanpa cabai.

Hingga pertengahan Januari, harga cabai masih tinggi dan Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) memproyeksikan harga cabai masih akan bertahan tinggi hingga awal Februari.

Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri seperti dilansir Kontan.co.id mengatakan, "Akhir Januari itu ada prediksi panen raya, tetapi [harga] belum akan turun. Menurut saya sampai februari awal masih bertahan tinggi," ujarnya kepada Kontan, Minggu (17/01/2021).

Meski sudah memasuki panen di akhir Januari, Abdullah meyakini proses distribusi cabai tersebut baru akan berlangsung pada awal Februari, "Jadi [bila] untuk Januari [harga cabai] sudah normal, menurut saya belum belum bisa," tambah Abdullah.

Baca Juga: Harga Cabai Kian Meroket, Kementan Janji akan Turun Pekan Depan

Abdullah menyebut lonjakan harga cabai ini sangat signifikan mengingat harga cabai yang tadinya bisa berkisar 40.000 Rupiah per kilogram, saat ini bisa mencapai 90.000 rupiah per kilogram. Kenaikan harga ini memang disebabkan pasokannya yang berkurang.

Abbdullah juga menyebut, saat ini cabai rawit merah yang terlihat mengalami lonjakan paling tinggi, di mana harganya bisa sekitar 85.000 hingga 90.000 Rupiah per kilogram.

"Awalnya cabai TW/besar yang tinggi, sekitar 90.000-an Rupiah. Lalu cabai besar itu konsumsinya menurun setelah natal dan tahun baru. Memang seluruh cabai naik cukup tinggi, tetapi yang menjadi sorotan adalah cabai rawit merah," kata Abdullah.

Baca Juga: Tak Hanya Cabai dan Kedelai, Harga Daging Sapi juga akan Melonjak

Adapun, berdasarkan data Informasi Pangan Jakarta, harga rata-rata cabai merah keriting sekitar 56.744 Rupiah per kilogram, cabai merah besar (TW) sekitar 55.545 Rupiah per kilogram, harga cabai rawit merah sebesar 85.978 Rupiah per kilogram dan cabai rawit hijau sekitar 67.212 Rupiah per kilogram.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x