Kompas TV nasional peristiwa

Habiskan Biaya Rp 511 M, Renovasi Masjid Istiqlal Disebut Presiden Bukan Gagah-gagahan

Kompas.tv - 8 Januari 2021, 12:10 WIB
habiskan-biaya-rp-511-m-renovasi-masjid-istiqlal-disebut-presiden-bukan-gagah-gagahan
Masjid Istiqlal (Sumber: KOMPAS.com / DANI PRABOWO)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo meresmikan renovasi masjid Istiqlal, Jakarta, yang memakan biaya Rp511 miliar. Renovasi ini merupakan yang pertama sejak 42 tahun lalu. Perlu waktu 14 bulan untuk merampungkan proses renovasi.

"Renovasi masjid Istiqlal ini merupakan renovasi pertama sejak 42 tahun yang lalu seperti tadi juga sudah disampaikan bapak imam besar dan menelan biaya sebesar Rp511 miliar dari APBN," kata Presiden di kompleks masjid Istiqlal Jakarta, Kamis (7/1/2021).

Pasca-renovasi, Presiden Jokowi mengatakan Masjid Istiqlal berubah total dan tampak seperti baru lagi. Lanskapnya ditata ulang menjadi indah dan semakin rapi.

Baca Juga: Resmikan Renovasi Istiqlal, Jokowi: Bukan Untuk Gagah-Gagahan...

Lantainya terlihat 3 kali lebih berkilau, tata cahayanya menjadi sangat modern dan indah. Sungai yang membelah Istiqlal juga tampak semakin bersih dan rapi.

Menurut Jokowi, keberadaan Masjid Istiqlal menjadi kebanggan seluruh rakyat Indonesia.

"Renovasi Masjid Istiqlal agar menjadi semakin megah bukan untuk gagah-gagahan. Bukan hanya menjadi kebanggaan umat Islam, tetapi juga kebanggaan seluruh rakyat Indonesian kebanggaan bangsa kita Indonesia," ungkapnya. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berkata, Istiqlal harus jadi contoh masjid-masjid dunia. Ia pun mendorong Istiqlal jadi wadah pengembangan moderasi beragama di tingkat dunia.

Baca Juga: Lonceng Katedral Sayup-sayup Terdengar Saat Presiden Jokowi Resmikan Istiqlal

"Masjid Istiqlal harus jadi contoh dari masjid-masjid negara lain di dunia dalam mengembangkan syiar Islam yang menyejukkan, membangun toleransi, dan membangun perdamaian," tutur Jokowi.

Renovasi juga ikut membangun terowongan bawah tanah yang menghubungkan Istiqlal dan Gereja Katedral Jakarta.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x