Kompas TV nasional peristiwa

Lonceng Katedral Sayup-sayup Terdengar Saat Presiden Jokowi Resmikan Istiqlal

Kompas.tv - 8 Januari 2021, 05:00 WIB
lonceng-katedral-sayup-sayup-terdengar-saat-presiden-jokowi-resmikan-istiqlal

Presiden Jokowi memukul beduk sebagai peresmian Masjid Istiqlal (sumber: Kompas.ID)

 

Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Wajah toleransi di Ibu Kota Jakarta tampak dari keberadaan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral yang posisinya berhadap-hadapan. Bukan hanya wajah Jakarta, tapi juga wajah Indonesia.

Seringkali, suara lonceng gereja katedral saling bersahutan dengan suara azan dari Istiqlal ketika waktu  salat tiba.

Begitu pula ketika Presiden Jokowi meresmikan renovasi  Masjid Istiqlal, pada  Kamis petang (7/1/2021). Saat Presiden Jokowi memberikan sambutan, sayup-sayup suara lonceng Gereja Katedral pun terdengar hingga ke Masjid Istiqlal. Tidak ada yang terganggu. Karena hal itu sudah sering terjadi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Renovasi Masjid Istiqlal


Dalam pidato peresmian, Jokowi mengatakan  agar Masjid Istiqlal  bisa difungsikan sebagai sarana untuk meningkatkan iman takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Ia juga berharap Istiqlal bisa menjadi contoh dan pelopor bagi masjid-masjid lain di seluruh dunia sebagai sarana yang berfungsi untuk membangun toleransi dan perdamaian.

"Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, masjid Istiqlal harus jadi contoh dari masjid-masjid negara lain di dunia dalam mengembangkan syiar islam yang menyejukkan, membangun toleransi dan membangun perdamaian," kata Jokowi.

Baca Juga: Masjid Istiqlal Bosnia, Masih Ada Hubungannya dengan Indonesia

Hadir dalam peresmian yang disiarkan oleh kanal Youtube Sekretariat Presiden (setpres) ini, Menko Pembangunan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar.


 
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x