Kompas TV nasional peristiwa

Pemprov DKI Diganjar Harmony Award, Anies: Kesejukan dan Harmoni Itu Kebutuhan bersama

Kompas.tv - 7 Januari 2021, 11:29 WIB
pemprov-dki-diganjar-harmony-award-anies-kesejukan-dan-harmoni-itu-kebutuhan-bersama
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). (Sumber: tweeter @aniesbaswedan)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali pamer penghargaan. Kali ini penghargaan Harmony Award dari Kementerian Agama.

"Alhamdulillah, membuka tahun 2021 Pemprov DKI Jakarta bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) DKI Jakarta menerima Harmony Award Tahun 2020 yang diumumkan langsung oleh Bapak Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas," kata Anies dalam akun tweeter @aniesbaswedan, yang dilihat Kamis (7/1/2021). 

Dalam cuitan tersebut,  Anies  menyertakan empat foto bersama para tokoh berbagai agama.

Menurut Anies, penghargaan ini membahagiakan karena ikhtiarnya  membangun kerukunan memang dijalankan dengan serius. "Walau tidak selalu tampak di depan publik dan pemberitaan," kata Anies.

Baca Juga: Saat Anies Unggah Foto Risma di Instagram

Anies mengatakan, kesejukan dan harmoni di Jakarta kini bisa dirasakan oleh masyarakat dan kadang tak terasa apabila tidak terjadi kegaduhan. "Kita biasanya tidak sadar bahwa kesejukan dan harmoni itu adalah kebutuhan bersama sampai muncul kegaduhan," tutur Anies.

Diibaratkan sebagai aliran listrik, kata Anies, saat menyala akan sangat jarang mengingat kerja keras dari petugas pemasok listrik.

Sebaliknya  ketika listrik mati, semua orang akan membicarakan pemasok listrik yang menghilang. "Sama dengan harmoni, saat ada suasana kesejukan, keteduhan dan ketenangan di masyarakat biasanya kita tidak menyadari bahwa sebenarnya ada usaha serius di balik hadirnya suasana itu," katanya.

Baca Juga: Anies Perpanjang PSBB Jakarta Dua Pekan hingga 17 Januari 2021


Karena itu, Anies juga berterima kasih pada Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) DKI Jakarta dan pemuka agama yang menjadi jembatan hadirnya harmonisasi tersebut.

"Dan terima kasih serta apresiasi kepada seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta yang telah bersama-sama bekerja keras menghadirkan suasana ini. Mari kita terus jaga hubungan harmonis ini, dan mari bersama-sama terus aktif menjaga kerukunan umat beragama di masyarakat Jakarta," kata Anies.

Penghargaan Harmony Award diberikan oleh Kementerian Agama  kepada sejumlah daerah yang dianggap berhasil melakukan harmonisasi kehidupan beragama.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.