Kompas TV nasional update corona

Pekan Depan Vaksinasi Covid-19, Presiden Jokowi: Tetap Waspada

Kompas.tv - 5 Januari 2021, 15:30 WIB
pekan-depan-vaksinasi-covid-19-presiden-jokowi-tetap-waspada
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menjelaskan tentang kedatangan vaksin covid-19, Minggu (6/12/2020). (Sumber: YouTube: Sekretariat Presiden)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti

JAKARTA, KOMPAS.TV-  Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat tetap waspadai penularan virus corona dengan disiplin jalankan protokol kesehatan. Meskipun, vaksinasi Covid-19 akan dilakukan serentak di 34 provinsi pada 13 Januari 2021.

“Saya tetap titip pada kita semuanya untuk menyampaikan juga ke saudara dan tetangga-tetangga kita, rekan-rekan kita, kawan-kawan kita, meskipun vaksinasi minggu depan sudah dimulai, saya minta untuk tetap kita waspada,” kata Jokowi dalam acara penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat di Istana Negara, Jakarta, Selasa (5/1/2021).

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 Rampung 15 Bulan, Ridwan Kamil: Kelamaan

Jokowi menuturkan vaksinasi Covid-19 tahap pertama diprioritaskan bagi tenaga medis, mulai dari dokter hingga perawat yang ada di rumah sakit. Selanjutnya, vaksinasi diberikan kepada TNI, Polri dan guru. Kemudian, vaksin baru diberikan ke masyarakat umum. Dalam hitungan Menkes, Jokowi mengatakan vaksinasi Covid-19 di Indonesia perlu waktu sekitar 15 bulan.

“Tapi masih saya tawar kurang dari setahun harus selesai,” ujar Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Disuntik Vaksin Covid-19 pada 13 Januari, Siap Disaksikan Masyarakat

Terpisah, Mendagri Tito Karnavian juga mengimbau agar pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara serentak dijalankan dengan protokol kesehatan. Ia meminta kepala daerah untuk bekerja sama dan berkoordinasi dengan TNI/Polri dan Satpol PP serta mendirikan Posko Covid-19 di tiap daerah.

“Jangan sampai terjadi terjadi keributan juga karena vaksin seolah seperti seperti emas bisa terjadi rebutan, kerumunan, lain-lain," ujar Mendagri.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x