Kompas TV nasional politik

Sebelum Umumkan Reshuffle Presiden Jokowi Sudah Unggah Pesan

Kompas.tv - 22 Desember 2020, 18:03 WIB
sebelum-umumkan-reshuffle-presiden-jokowi-sudah-unggah-pesan
Presiden Joko Widodo memperkenalkan enam menteri baru di beranda Istana Merdeka, Selasa (22/12/2020). Para menteri baru terlihat memakai jaket biru. (Sumber: youtube Sekretariat Presiden)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Joko Widodo resmi melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Maju. Ada enam menteri yang diperkenalkan Presiden Jokowi. Beberapa diantaranya sudah dikenal luas oleh publik.

Mereka yakni Tri Rismaharini, Sandiaga Salahuddin Uno, Budi Gunadi Sadikin. Kemudian Yaqut Cholil Quomas, Sakti Wahyu Trenggono, dan Muhammad Lutfi.

Sebelum merombak kabinet, Presiden sudah menyiratkan sesuatu yang erat kaitannya dengan perpisahan melalui media sosial pribadinya.

Baca Juga: Reshuffle! Jokowi Umumkan Menteri Baru: Ada Risma dan Sandiaga Uno

Presiden Jokowi mengunggah foto jalur rel kereta api dengan pemandangan matahari terbit. Di foto itu Presiden menuliskan “yang baru harus lebih baik!”

Foto tersebut diunggah di akun Facebook miliknya pada Selasa, 22 Desember 2020 pukul 13.29 WIB, atau 2 jam sebelum Presiden mengumumkan secara resmi enam nama menteri yang masuk di Kabinet Indonesia Maju.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

“Yang lalu biarlah berlalu, menjadi kenangan, juga pelajaran. Kita menatap hari esok dengan tekad, semangat, dan memancang harapan yang baru,” tulis Presiden Jokowi dalam keterangan foto yang diunggah di Facebook Presiden Joko Widodo, Selasa (22/12/2020).

Sebelumnya Presiden Jokowi juga pernah memberikan sinyal akan adanya penguman nama-nama menteri yang masuk dalam kabinet.

Baca Juga: Reaksi Wishnutama Dicopot Jokowi dari Menparekraf dan Posisinya Digantikan Sandiaga Uno

Sinyal tersebut berupa foto sebuah gagang telepon yang menggantung dengan tulisan “sabar! Sebentar lagi…”

Dalam keterangannya Presiden menjelaskan dirinya telah menerima beberapa versi bocoran nama-nama menteri di kabinet pemerintahan periode 2019-2024.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x