Kompas TV nasional agama

Asosiasi Pesantren NU Catat Selama Pandemi 207 Kyai dan Nyai Meninggal Dunia

Kompas.tv - 11 Desember 2020, 21:43 WIB
asosiasi-pesantren-nu-catat-selama-pandemi-207-kyai-dan-nyai-meninggal-dunia
Tim Satuan Tugas Tanggap Covid-19 Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama saat memberikan bantuan ke pondok pesantren (Sumber: Humas Ditjen Pendis Kemenag RI)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV--Asosiasi Pesantren NU atau Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) PBNU mencatat selama pandemi ada 207 kyai pemimpin pondok pesantren dan nyai (isteri kyai) yang meninggal dunia.

Diduga mereka meninggal karena terpapar Covid-19. Kasus tersebut ditemukan dai 110 pesentren yang tersebar di seluruh Indonesia. 

"Karena itu, negara harus hadir secara terpadu untuk mengatasi pandemi Covid-19,“ ujar Ketua Umum pimpinan pusat asosiasi pesantren NU atau Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) PBNU, KH Abdul Ghaffar Rozin dalam keterangannya , Jum'at (11/12/2020).

Baca Juga: Ikatan Pesantren Indonesia Ajak Masyarakat Melawan Radikalisme dan Intoleransi

Menurut kiai yang akrab dipanggil Gus Rozin itu, wafatnya pada para guru di pesantren tersebut menjadi sebuah kehilangan yang sangat besar sekaligus ancaman serius bagi kalangan pesantren dan juga bangsa Indonesia pada umumnya. 

Sebab, ancaman terhadap pesantren dan kiai berarti ancaman terhadap kelangsungan pendidikan agama dan karakter bangsa Indonesia.  

Gus Rozin melihat negara belum hadir dalam mengatasi pandemi yang angkanya terus meningkat.

Salah satunya, tidak optimalnya kordinasi antardinas atau kementerian terkait penanganan Covid-19 di pesantren, dan terbatasnya informasi dan edukasi tentang Covid-19 bagi pesantren.  

Selain itu, komunikasi publik selama ini juga tidak berpihak kepada pesantren, khususnya jika ada klaster pesantren di beberapa daerah, pesantren sulit mengakses tes swab dan PCR.  

Baca Juga: Pondok Pesantren Di Indramayu Jadi Klaster Baru Penyebaran Covid-19




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x