Kompas TV nasional peristiwa

Mengenal Koopssus TNI yang Berhenti di Kawasan Markas FPI dan Jadi Trending Topik

Kompas.tv - 20 November 2020, 08:25 WIB
mengenal-koopssus-tni-yang-berhenti-di-kawasan-markas-fpi-dan-jadi-trending-topik
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meninjau pasukan Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI saat diresmikan di Mabes TNI, Cilangkap, Selasa (30/7/2019). (Sumber: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan via Kompas.com)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV – Video iring-iringan kendaraan Komando Operasi Khusus atau Koopssus yang berhenti di dekat Markas Front Pembela Islam (FPI) menjadi perbincangan netizen.

Salah satu unit komando pasukan elit TNI itu jadi trending topik di Twitter. Sebanyak 2,389 tweets tentang Koopssus pada Jumat (20/11/2020) pagi.

Ditengah perbincangan ada yang mengira Koopssus bagian dari Komando Pasukan Khusus TNI (Kopassus). Koopssus dan Kopassus memang sama-sama pasukan elit namun Koopssus diisi oleh tiga matra di TNI. 

Baca Juga: Viral Mobil Operasi Khusus TNI Berhenti di Depan Markas FPI, Ini Penjelasan Dankoopssus

Koopssus TNI diresmikan pada 30 Juli 2019 oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Koopssus TNI ini terdiri dari prajurit terpilih dari tiga pasukan khusus yakni Satgultor-81 (Kopassus), Satbravo-90 (Paskhas), dan Denjaka (TNI AL). Bisa dibilang Koopssus TNI merupakan gabungan para prajurit elit tiap matra.

Koopssus TNI yang bermarkas di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur ini dapat digunakan oleh Panglima TNI atas perintah Presiden.

Satuan gabungan pasukan elite TNI ini resmi dibentuk lewat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 42 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia.

Baca Juga: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Tanya Prajurit Kopassus: Kapan Terakhir Latihan Menembak?

Adapun Koopssus TNI bertugas menyelenggarakan operasi khusus dan kegiatan untuk mendukung pelaksanaan operasi khusus yang membutuhkan kecepatan dan keberhasilan tinggi guna menyelamatkan kepentingan nasional di dalam maupun di luar wilayah NKRI dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x