Kompas TV nasional politik

Menag Fachrul Ikut Kena Semprot Soal Acara Hajatan Rizieq Shihab

Kompas.tv - 18 November 2020, 22:01 WIB
menag-fachrul-ikut-kena-semprot-soal-acara-hajatan-rizieq-shihab
Menteri Agama, Fachrul Razi saat menghadiri penyerahan sertifikat tanah hak pakai Kemenag No 00051 (lokasi replika Grand Mosque Mohammed Bin Zayed) di Solo, Jawa Tengah, Rabu (19/8/2020). (Sumber: KOMPAS.com/LABIB ZAMANI)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV – Komisi VIII DPR menyayangkan minimnya respons Kementerian Agama (Kemenag) terkait acara pernikahan dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar Pemimpin FPI Rizieq Shihab, Sabtu (14/11/2020).

Wakil Ketua Komis VIII DPR Ace Hasan Syadzily menilai dua kegiatan tersebut erat kaitannya dengan urusan Kemenag.

Semestinya, sambung Ace, Kemenag dapat ikut aktif menyikapi acara keagamaan yang berpotensi menimbulkan kerumunan massa di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: FPI: Massa di Luar Ekspektasi, Undangan Resmi Habib Rizieq Tidak Sampai 30 Orang

Ia pun menyayangkan Kemenag kurang aktif dalam menyikapi ribuan Jemaah yang menyambut kedatangan Rizieq Shihab hingga kegiatan keagamaan yang dilakukan Rizieq seteleh tiba di Tanah Air.

“Saya kira acara Maulid dan acara pernikahan, Pak Menteri. Itu kan semua terkait dengan Kementerian Agama. Coba kalau kemarin Pak Menteri tidak mengutus Kepala KUA-nya, tidak jadi tuh nikah, Pak. Kira-kira kan begitu," ujar Ace saat rapat kerja bersama Menteri Agama Fachrul Razi, di Gedung DPR, Rabu (18/11/2020).

Ace menambahkan pendekatan kegamaan dinilai memiliki pengaruh untuk mengingatkan umat mengenai pencegahan dan ancaman dari Covid-19.

Penilaiannya tersebut juga sempat diutarakan saat berdialog dengn kepada Kepala Satgas Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo.

Baca Juga: Analis Pertanyakan Keraguan Penindakan Kerumunan Massa Rizieq Shihab

Menurut Ace, Doni sepakat dengan pentingnya peran tokoh agama dan organisasi keagamaan. Termasuk juga peran Kemenag melalui Ditjen Bimbingan Masyarakat

Ace pun meminta agar Kemenag turut menyosialisasikan bahaya Covid-19 secara lebih masif dengan pendekatan agama.

Ia berharap Kementerian Agama menjadi garda terdepan dalam upaya memutus mata rantai penularan Covid-19 di Tanah Air.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x