Kompas TV nasional berita kompas tv

Moeldoko Bertemu Dubes Amerika Serikat Untuk Indonesia, Bahas Apa?

Kompas.tv - 14 November 2020, 11:21 WIB
moeldoko-bertemu-dubes-amerika-serikat-untuk-indonesia-bahas-apa
Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko saat menerima kunjungan pertama Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Yong Kim di Gedung Bina Graha, Jakarta, Jumat 13/11/2020 (Sumber: Web Kepala Staf Kepresidenan RI)
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko bertemu dengan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Yong Kim, Jumat (13/11).

Dalam kesempatan ini Sung Yong Kim menyampaikan bahwa Amerika Serikat percaya peran Indonesia dalam menjaga stabilitas keamanan di Laut China Selatan.

“Kami percaya Indonesia memiliki peran untuk memimpin. Karena kami juga memiliki keprihatinan yang sama atas kegiatan China di Laut China Selatan,” ucap Kim dikutip dari keterangan tertulis dari siaran pers Kantor Staf Presiden, Sabtu (14/11/2020).

Lebih lanjut Moeldoko menyampaikan, pada dasarnya Indonesia berada dalam posisi netral dalam menghadapi situasi di Laut China Selatan. 

“Tapi Indonesia berkepentingan untuk berkontribusi pada stabilitas Laut China Selatan,” jelas Moeldoko dari siaran pers tersebut.

Semasa dirinya menjadi panglima TNI, Moeldoko mengatakan Indonesia memang memiliki perhatian sangat serius atas langkah China di kawasan tersebut.

Pada pidato Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) k-23 ASEAN-RRT Presiden Joko Widodo menegaskan, Indonesia punya tanggung jawab menjaga perdamaian dan stabilitas di Laut China Selatan.

Indonesia berharap rancangan undang-undang (RUU) soal penjaga pantai atau coast guard yang sedang disusun Republik Rakyat China harus menciptakan perdamaian dan stabilitas di Laut China Selatan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x