Kompas TV nasional berita kompas tv

Asteroid Berdiameter 105 Meter Dekati Bumi Hari Ini

Kompas.tv - 7 November 2020, 18:03 WIB
asteroid-berdiameter-105-meter-dekati-bumi-hari-ini
ilustrasi asteroid menuju Bumi (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebuah asteroid yaitu asteroid 2020 TY1 akan lewat dekat bumi pada akhir pekan di minggu pertama bulan November ini.

Dijelaskan oleh astronom amatir Indonesia, Marufin Sudibyo bahwa asteroid 2020 TY1 ini adalah asteroid yang dekat-bumi kelas Apollo, sehingga memiliki orbit yang bisa bersinggungan dengan orbit Bumi.

Pada Sabtu (7/11/2020), asteroid ini akan lewat di dekat Bumi dalam jarak 14,7 kali lipat jarak rata-rata Bumi-Bulan atau setara 5,6 juta kilometer.

Marufin menegaskan bahwa fenomena yang satu ini tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, meskipun objeknya lumayan besar untuk ukuran asteroid.

"Secara visual kita tidak bisa melihatnya. Sehingga tidak ada ketampakan yang langsung terlihat yang bisa dikenali," ujarnya.

Ukuran asteroid 2020 TY1 ini sendiri memiliki diameter 106 meter.

Objek ini tidak bisa dilihat karena ia melintas pada jarak 5,6 juta kilometer dari Bumi. 

"Sehingga sangat redup dengan tingkat terang di sekitar magnitudo +18 atau 40 kali lebih redup dibanding Pluto," jelasnya.

Untuk dapat mengamatinya sebenarnya membutuhkan teleskop dengan cermin obyektif berdiameter besar yakni sekitar 100 cm atau lebih agar bisa melihatnya di langit gelap.

Mengenai fenomena asteroid 2020 TY1 yang lewat dekat bumi ini, tidak memiliki efek apapun terhadap Bumi, karena gravitasi asteroid ini sangat kecil.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x