Kompas TV nasional sapa indonesia

Libur Panjang Rawan Lonjakan Kasus Corona

Kompas.tv - 24 Oktober 2020, 16:38 WIB
Penulis : Christandi Dimas

KOMPAS.TV - Dari pengalaman libur panjang sebelumnya, lonjakan kasus corona terjadi seiring pergerakan orang secara masif dari zona penyebaran utama virus corona ke tempat tujuan wisata maupun kampung halaman.

Bagaimana mencegah lonjakan kasus saat tidak ada larangan bepergian pada libur panjang kali ini?

Pergerakan warga selama libur panjang dikhawatirkan akan menimbulkan lonjakan kasus baru corona atau Covid-19.

Presiden Jokowi pun mengingatkan bahwa lonjakan kasus baru pernah terjadi pada libur panjang sebelumnya.

Kementerian Perhubungan memperkirakan simpul peningkatan pergerakan orang akan terjadi di tiga titik utama, yakni Bandara Soekarno-Hatta, tol yang mengarah ke timur menuju Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, serta Pelabuhan Merak.

Pemerintah memang tidak melarang dan hanya sebatas mengimbau masyarakat untuk tidak mudik atau ke luar kota selama cuti bersama dan libur panjang.

Bagi yang tetap bersikeras ke luar kota, warga diminta melakukan tes usap atau tes cepat corona terlebih dahulu sebelum berangkat.

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar kamu semua tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia. Subscribe juga channel YouTube Kompas TV dan aktifkan lonceng supaya kamu dapat notifikasi video terbaru langsung. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x