Kompas TV nasional update corona

8 Hotel di Jakarta Jadi Tempat Isolasi Mandiri Pasien OTG, 1.068 Kamar Disiapkan

Kompas.tv - 20 September 2020, 16:30 WIB
8-hotel-di-jakarta-jadi-tempat-isolasi-mandiri-pasien-otg-1-068-kamar-disiapkan
Ilustrasi: Kamar Hotel Nyaman, Bersih dan Sehat. Sebanyak 1.068 kamar hotel di Jakarta disiapkan untuk isolasi mandiri pasien corona tanpa gejala. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Idham Saputra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Delapan hotel di DKI Jakarta siap menjadi tempat isolasi mandiri bagi para pasien covid-19 yang masuk kategori tanpa gejala. 

Guna melihat kesiapan hotel-hotel yang akan dijadikan tempat isolasi, Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman meninjau langsung, salah satunya adalah Hotel Pullman Central Park yang berada di kawasan Jakarta Barat.

“Selain Wisma Atlet Tower 5,6,7, kemudian Tower 8 juga kita siapkan untuk mengantisipasi peningkatan, maka dari pemerintah pusat pun menyediakan hotel. Hotel ini rujukan dari Rumah Sakit Pelabuhan Jakarta Pelni, RSCM, termasuk Rumah Sakit Mayapada. dari empat rumah sakit ini hotel yang disiapkan ada delapan hotel,” ungkap Dudung, Minggu (20/9/2020).

Baca Juga: OTG Corona Isolasi Mandiri di 30 Hotel Jakarta

Selain Pullman Central Park, beberapa hotel lain juga disebut telah siap, yakni Ibis Daan Mogot, Ibis Mangga Dua, Ibis Senen, Pullman, Mercure PIK, Tamarin Ibis Harmoni dan Mercure Jakarta.

Total ada sekitar 1.068 kamar yang sudah disiapkan.

“Ini disiapkan sekitar 1.068. (Kamar) yang sudah beroperasi sekarang sudah ada di Ibis Daan Mogot kurang lebih sekitar 150,” terangnya. 

Sebelumnya, pemerintah meminta kesiapan 3.000 kamar hotel untuk bisa digunakan sebagai ruangan isolasi bagi para pasien OTG. 

Dudung juga menjelaskan bahwa tenaga medis dan relawan juga akan disiagakan di hotel-hotel yang siap menerima pasien OTG.

Baca Juga: Tower 5 Wisma Atlet Kemayoran Sudah Terisi 91 Persen

Tujuannya selain memeriksa kondisi pasien, juga untuk menyediakan vitamin serta obat-obatan jika dibutuhkan.

“Kalau orang tanpa gejala hanya disiapkan vitamin, kemudian ada obat-obat lainnya tenaga medis siap di situ di masing masing hotel. Tenaga medis, relawan-relawan dari dinas kesehatan itu sudah disiapkan, rencana nanti akan ditempatkan di situ,” pungkas Pangdam Jaya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x