Kompas TV nasional peristiwa

Bioskop Dibuka Lagi: Satgas Sebut Tingkatkan Imunitas, Epidemiolog Ingatkan Risiko Penularan

Kompas.tv - 27 Agustus 2020, 05:05 WIB
bioskop-dibuka-lagi-satgas-sebut-tingkatkan-imunitas-epidemiolog-ingatkan-risiko-penularan
Ilustrasi: sejumlah orang sedang menonton di bioskop dengan protokol kesehatan era new normal. Bioskop Dibuka Lagi: Satgas Sebut Tingkatkan Imunitas, Epidemiolog Ingatkan Risiko Penularan. (Sumber: Dok. Biro Komunikasi Publik Kemenparekraf)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah berencana membuka kembali bioskop dalam waktu dekat. Hal tersebut diakui Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.

Dia menyebut bahwa kegiatan menonton di bioskop berkontribusi bisa meningkatkan imunitas masyarakat dalam penanganan virus corona (Covid-19).

Pasalnya, menurut Wiku, masyarakat merasa bahagia ketika menonton film di bioskop. Perasaan bahagia itulah disebutnya bisa berpengaruh terhadap peningkatan imunitas tubuh.

Baca Juga: Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sebut Bioskop akan Dibuka karena Bisa Meningkatkan Imunitas

Dengan demikian, kata Wiku, bisa memperkecil risiko penularan atau terpapar virus corona atau Covid-19.

“Bioskop dan cinema memang memiliki karakteristik dan kontribusi penting terutama dalam memberikan hiburan kepada masyarakat," kata Wiku dalam konferensi persnya melalui kanal Youtube BNPB, Rabu (26/8/2020).

“Imunitas masyarakat bisa meningkat karena bahagia (menonton film di bioskop) atau suasana mental fisik masyarakat juga meningkat,” sambungnya.

Oleh karena itu, Satgas Penanganan Covid-19 tengah mempersiapkan diri untuk pembukaan bioskop dalam waktu dekat.

Nantinya, para karyawan dan penonton harus tetap menjalankan protokol kesehatan apabila bioskop kembali dibuka.

Protokol kesehatan yang wajib dijalankan yaitu menggunakan masker selama berada di area bioskop dan menjaga jarak minimal 1,5 meter antar penonton.

"Pada saat nanti akan dijalankan dan sudah dijalankan, harus dilakukan monitoring dan evaluasi dengan baik agar semuanya betul aman dan berjalan dengan lancar," ucap Wiku.

Baca Juga: Bioskop akan Dibuka Kembali, Ahli Epidemologi: Menonton Belum Tentu Tingkatkan Imunitas!

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito. Bioskop Dibuka Lagi: Satgas Sebut Tingkatkan Imunitas, Epidemiolog Ingatkan Risiko Penularan. (Sumber: Komunikasi Kebencanaan BNPB/Lia Agustina)

Dibuka Dalam Waktu Dekat

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pembukaan kembali bioskop akan dilakukan dalam waktu dekat.

Bioskop akan kembali dibuka setelah ditutup sejak bulan April 2020 lalu saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta.

"Dalam waktu dekat ini kegiatan bioskop akan kembali dibuka. Dan protokol kesehatan akan ditegakkan lewat regulasi detil dan adanya pengawasan yang ketat. Sehingga pelaku industri memberikan jasa kepada masyarakat tanpa resiko yang besar," ucap Anies.

Baca Juga: Satgas Penanganan Covid-19 Sebut Bioskop Tidak Dibuka Secara Serentak

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Bioskop Dibuka Lagi: Satgas Sebut Tingkatkan Imunitas, Epidemiolog Ingatkan Risiko Penularan. (Sumber: Instagram @aniesbaswedan)

Pembahasan pembukaan bioskop ini dilakukan bersama Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Anies menjelaskan, kajian bioskop akan kembali dibuka merujuk kepada studi dan kajian para pakar terkait dengan penanganan dan pengelolaan kegiatan di dalam bioskop yang sudah dilakukan di berbagai negara.

"Jadi 47 negara saat ini kegiatan bioskop sudah berjalan seperti biasa. Bahkan di Korea Selatan, selama pandemi termasuk puncak pandemi mereka di sana bioskop tidak ditutup," kata Anies.

Lebih lanjut, Anies mengatakan, Pemprov DKI Jakarta akan menyiapkan regulasi secara lengkap. Regulasi itu akan memasukkan semua unsusr-unsur kualifikasi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x