Kompas TV nasional peristiwa

Api Merambat 7 Lantai Gedung Kejagung, Damkar Sedot Air dari Kolam Renang Bulungan

Kompas.tv - 22 Agustus 2020, 23:51 WIB
api-merambat-7-lantai-gedung-kejagung-damkar-sedot-air-dari-kolam-renang-bulungan
Gedung Kejaksaan Agung di Jalan Sultan Hasanudin Dalam, No. 1, RT.011/RW.007, Kelurahan Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan terbakar Sabtu (22/8/2020) malam. (Sumber: KOMPAS.COM/ BONFILIO PUTRA)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV - Petugas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta harus mengambil air dari kolam renang bulungan untuk memadamkan api yang menjalar hingga tujuh lantai gedung Kejaksaan Agung.

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan menjelaskan 38 unit mobil kebakaran dan 200 personel dikerahkan untuk memadamkan api.

Tak hanya itu, pihaknya telah menempatkan pompa di lokasi sumber air, salah satunya dari kolam renang Bulungan yang berada tak jauh dari lokasi kebakaran.

Baca Juga: Jaksa Pinangki dan Tahanan Lain Aman, Jaksa Agung: Proses Evakuasi Lihat Perkembangan

"Terjadi perambatan, kita saksikan bawah ada sekitar 7 lantai. Di bagian selatan gedung sudah terdampak kebakaran, dan sekarang kita lokalisir supaya jangan sampai terjadi perambatan ke sisi utara gedung ini," ujarnya di lokasi, Sabtu (22/8/2020).

Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Hari Setiyono menjelaskan api melalap empat lantai, yakni lantai 3 dan 4 yang diisi bidang Intelijen Kejagung. Kemudian lantai 5 dan 6 bidang kepegawaian dan pembinaan.

Terkait dokumen yang terbakar Hari Setiyono memastikan pihaknya memiliki cadangan dan salinan data, sehingga hal tersebut tidak menjadi masalah yang berarti. 

Baca Juga: Kebakaran Gedung Kejagung RI, Dokumen dan Berkas Penting Kasus-kasus Dipastikan Aman!

Ia juga memastikan seluruh berkas perkara yang ditangani Kejagung aman dan berada di gedung bundar Jampidsus dan Jampidum. Kedua gedung ini berada jauh gedung utama yang menjadi lokasi kebakaran.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x