Kompas TV lifestyle kesehatan

Vitamin U Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh, Temukan dalam 5 Makanan Ini

Kompas.tv - 10 Juli 2024, 18:05 WIB
vitamin-u-ternyata-bermanfaat-untuk-kesehatan-tubuh-temukan-dalam-5-makanan-ini
Brokoli. (Sumber: Annie Spratt on Unsplash)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ada berbagai macam vitamin yang biasa dikonsumsi setiap hari untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Kebanyakan orang hanya mengenal vitamin A, B, C, D, E, dan K.

Padahal, ada vitamin U yang bermanfaat untuk menyehatkan tubuh.

Melansir laman Healthline, vitamin U adalah nama lain dari bahan kimia S-methylmethionine sulfonium chloride (MMSC). MMSC berasal dari metionin, salah satu dari sembilan asam amino esensial. Metionin sendiri terlibat dalam banyak jalur metabolisme tubuh.

Baca Juga: 6 Tanda Kekurangan Vitamin B12, Lesu hingga Mudah Marah

Penggunaan vitamin ini awalnya untuk mengobati tukak lambung pada sekitar 1950-an. Saat itu, penyebab pasti tukak lambung belum dipahami dengan baik.

Namun seiring berjalannya waktu, penamaan vitamin U tidak lagi dipakai di kalangan ilmuwan. Mereka justru menggunakan nama S-methylmethionine sulfonium chloride atau MMSC. 

Hal tersebut karena dasar dari penamaan dalam istilah vitamin itu sendiri. 

MMSC atau vitamin U, bisa didapatkan dari berbagai jenis sayuran. Berikut ragam makanan yang mengandung vitamin U.

1. Brokoli

Brokoli menjadi salah satu makanan yang mengandung vitamin U atau MMSC yang cukup tinggi. Vitamin U dalam brokoli membantu meningkatkan produksi kolagen, protein penting untuk pembentukan jaringan baru. 

Hal ini dapat membantu mempercepat penyembuhan luka bakar, luka operasi, dan luka lainnya. Vitamin U membantu menjaga kesehatan lapisan mukosa pencernaan, sehingga dapat melindungi dari peradangan dan infeksi. 

Hal ini dapat membantu mencegah dan meredakan masalah pencernaan seperti maag, tukak lambung, dan kolitis.

2. Kubis

Kubis memang mengandung vitamin U, meskipun jumlahnya tidak sebanyak brokoli. Meski begitu, kubis tetap menjadi sumber vitamin U yang baik. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x