Kompas TV lifestyle kesehatan

Langsung Dicoba, Ini 8 Makanan yang Dapat Redakan Migrain

Kompas.tv - 27 Mei 2024, 19:45 WIB
langsung-dicoba-ini-8-makanan-yang-dapat-redakan-migrain
Ilustrasi sakit kepala akibat migrain. (Sumber: Mehrpouya H via Unsplash)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS.TV - Migrain atau sakit kepala berulang merupakan gangguan neurologis yang kompleks dan dipengaruhi secara genetik. Migrain terjadi saat kepala terasa berdenyut dan menyerang satu sisi kepala. 

Serangan migrain bisa berlangsung dari 4 sampai 72 jam dan dapat disertai gejala lain seperti mual dan muntah. Penyebab migrain berbeda pada setiap orang. Misalnya bahan kimia makanan, bau, atau hormon.

Sakit kepala maupun migrain bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Umumnya, migrain dapat diatasi dengan mengonsumsi obat atau jenis makanan tertentu.

Baca Juga: 5 Manfaat Ajaib Jeruk Nipis, Mendukung Kesehatan Jantung hingga Cegah Batu Ginjal

Melansir laman Medical News Today, berikut beberapa makanan yang dapat meredakan migrain atau sakit kepala dengan cepat:

1. Pisang

Pisang menjadi salah satu makanan yang dapat meredakan migrain. Pisang kaya akan serat yang dapat memperlambat pencernaan, meningkatkan rasa kenyang, dan membuat kenyang lebih lama.

Serat juga berperan mengatur sistem pencernaan, berkontribusi terhadap kesehatan poros usus-otak dan mungkin mengurangi risiko gangguan tertentu pada sistem saraf pusat, termasuk migrain.

Pisang juga kaya akan kalium, nutrisi penting yang membantu mengatur keseimbangan elektrolit dan tekanan darah. Kekurangan kalium dapat memicu migrain pada beberapa orang. 

Pisang juga mengandung asam amino triptofan, yakni prekursor serotonin. Triptofan membantu tubuh memproduksi serotonin, yang dapat membantu meredakan gejala migrain.

2. Jahe

Jahe mengandung sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang tinggi. Rempah jenis ini juga mengandung zat gingerol yang berfungsi untuk mengobati sakit kepala, mengurangi peradangan pembuluh darah di kepala dan meredakan nyeri.

Cara mengolah jahe menjadi obat migrain pun tergolong mudah. Rendam jahe dalam air mendidih, atau campurkan jus lemon dengan jus jahe dengan takaran yang sama.

Minum ramuan herbal ini sekali atau dua kali dalam sehari untuk membantu meredakan migrain.

3. Semangka

Makanan yang dapat meredakan migrain selanjutnya adalah semangka. Buah ini mengandung 92 persen air, sehingga baik untuk menjaga cairan tubuh.

Semangka kaya akan magnesium, mineral yang berperan dalam relaksasi otot dan fungsi saraf. Kekurangan magnesium dapat memicu migrain. 

Konsumsi semangka dapat membantu meningkatkan kadar magnesium dalam tubuh dan meredakan gejala migrain. Semangka juga mengandung citrulline, asam amino yang diubah tubuh menjadi arginine. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x