Kompas TV lifestyle kesehatan

Minum Air Kelapa Muda Ternyata Bisa Bantu Sembuhkan 11 Penyakit Ini, Apa Saja?

Kompas.tv - 25 April 2024, 19:05 WIB
minum-air-kelapa-muda-ternyata-bisa-bantu-sembuhkan-11-penyakit-ini-apa-saja
Buah kelapa muda dan air kelapa. Manfaat air kelapa muda. (Sumber: Amanda Cristabel)
Penulis : Dian Nita | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Air kelapa muda ternyata tidak hanya minuman yang menyegarkan, namun juga memiliki banyak manfaat seperti membantu menyembuhkan beberapa penyakit.

Air kelapa muda dikenal sebagai minuman yang memiliki cita rasa manis alami, biasanya dikonsumsi bersama buahnya yang juga manis dan lembut.

Bukan minuman sembarangan, melansir laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Rabu (25/4/2024), air kelapa muda mengandung bermacam-macam mineral, vitamin dan gula serta asam amino esensial sehingga dapat dikategorikan sebagai minuman ringan bergizi tinggi dan dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Sementara itu, buah kelapa muda juga memiliki komposisi gizi yang cukup baik, antara lain mengandung asam lemak dan asam amino esensial yang sangat dibutuhkan tubuh. 

Air kelapa muda memiliki unsur kalium (K) yang tertinggi, mencapai 7.300 mg/l. Oleh karena itu, air kelapa muda berperan penting dalam meningkatkan frekuensi buang air kencing dan membantu mengeliminasi obat-obat dan antibodi-antibodi lain yang biasanya digunakan pada kasus-kasus infeksi.

Baca Juga: Ternyata 7 Kelompok Ini Dianjurkan Tak Minum Air Kelapa, Siapa Saja dan Mengapa?

Selain itu, minuman ini juga membantu mempercepat absorpsi obat-obat dengan cara mempercepat konsentrasinya dalam darah dan juga sebagai penangkal penyakit-penyakit yang disebabkan oleh kecanduan alkohol dan merokok.

Air kelapa muda juga mengandung karbohidrat, serat, protein, vitamin C, dan antioksidan. Lantas, air kelapa dapat menyembuhkan penyakit apa saja?

1. Air kelapa muda membunuh cacing perut

2. Minuman yang baik bagi penderita kolera, mengurangi gatal-gatal yang disebabkan oleh penyakit cacar dan berbagai penyakit kulit lainnya.

3. Air kelapa muda kaya akan elektrolit, seperti kalium, natrium, dan magnesium, yang dapat mengatasi dan mencegah dehidrasi ringan termasuk untuk mengatasi mual dan muntah saat hamil. 




Sumber : yankes.kemkes.go.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x