Kompas TV lifestyle kesehatan

Aplikasi PLans Hadirkan Layanan Informasi Kesehatan Reproduksi Perempuan, Ini Fitur-fiturnya

Kompas.tv - 25 April 2024, 15:13 WIB
aplikasi-plans-hadirkan-layanan-informasi-kesehatan-reproduksi-perempuan-ini-fitur-fiturnya
Aplikasi PLans, digital asisten kesehatan reproduksi perempuan Indonesia (Sumber: Istimewa)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Aplikasi PLans, digital asisten kesehatan reproduksi perempuan Indonesia,  resmi diluncurkan di Play Store.

PLans adalah sebuah platform inovatif berbasis data yang merupakan digital asisten kesehatan reproduksi perempuan Indonesia. 

Melalui aplikasi ini, setiap perempuan Indonesia dapat mengakses informasi, pengetahuan dan layanan kesehatan reproduksi untuk peningkatan kualitas hidupnya.

Aplikasi PLans memberikan solusi personal berdasarkan data yang menggabungkan rekomendasi medis dengan gejala harian dan kondisi kesehatan reproduksi.

Chief Executive Officer PLans, Sastya Wardani, menyatakan bahwa kehadiran aplikasi PLans dan layanannya diinspirasi dari pengalaman pribadinya dan Sandy Tantra, co-founder PLans.

Baca Juga: Hadiri Raker Kesehatan, Jokowi Singgung Warga Indonesia Berobat ke Luar Negeri

Sastya dan Sandy mendapati bahwa banyak di antara keluarga dan sahabat mereka yang mengalami gangguan kesehatan reproduksi yang berujung ke kondisi yang akut, seperti infertility, PCOS, angkat rahim, dan kelainan kromosom janin. Kondisi yang sebetulnya bisa dihindari ataupun diantisipasi apabila ada pemeriksaan dan perawatan kesehatan reproduksi sedari dini.

“Kami menemukan data dari riset yang dilakukan Milli.eu*, bahwa 85% perempuan di Asia Tenggara mengaku tidak mempunyai pengetahuan maupun akses ke resources tentang kesehatan reproduksi. Padahal di era internet seperti sekarang ini, akses terhadap informasi (kesehatan reproduksi) seharusnya terbuka selebar-lebarnya. Tapi karena di sekolah ataupun di rumah tidak diajarkan atau diinformasikan, mereka tidak tahu bahwa kesehatan reproduksi adalah hal yang sangat penting,” jelas Sastya.

Aplikasi ini merupakan inovasi anak bangsa pertama di Indonesia yang menyediakan solusi manajemen kesehatan reproduksi perempuan yang terhubung langsung ke tenaga profesional dan layanan kesehatan reproduksi.

Minimnya informasi dan edukasi seputar kesehatan reproduksi perempuan menjadi keprihatinan bagi Sastya dan Sandy. Karenanya Sastya dan Sandy menciptakan aplikasi manajemen kesehatan reproduksi yang memberikan informasi, fitur, dan resources untuk pemantauan menstruasi, masa subur, dan pilihan perencanaan keluarga.

Sastya menambahkan, tak hanya berfungsi sebagai alat pencatatan menstruasi, aplikasi PLans menawarkan berbagai fitur-fitur unggulan lainnya yang dapat membantu setiap perempuan menjaga dan mengelola kesehatan reproduksinya.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x