Kompas TV lifestyle kesehatan

7 Makanan yang Dapat Meringankan Nyeri Menstruasi

Kompas.tv - 19 April 2024, 17:05 WIB
7-makanan-yang-dapat-meringankan-nyeri-menstruasi
Ilustrasi pembalut menstruasi. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kram perut saat menstruasi atau dismenore menjadi salah satu kondisi yang kerap dialami perempuan. Kondisi ini terjadi karena pelepasan bahan kimia inflamasi yang disebut prostaglandin.

Hal ini memicu penyempitan pembuluh darah rahim, kontraksi otot, dan rasa sakit. Ada beberapa cara untuk meringankan kondisi kram perut saat menstruasi.

Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang dapat memproduksi hormon estrogen, sehingga dapat menurunkan kadar prostaglandin.

Dikutip dari laman Everyday Health, berikut makanan yang dapat meringankan nyeri menstruasi.

Baca Juga: Apakah Wanita Hamil Bisa Alami Menstruasi? Begini Penjelasannya

1. Pisang

Pisang adalah buah yang kaya akan vitamin B6 dan kalium. Vitamin B6 bisa membantu mengatur kadar gula darah dan mencegah perubahan mood saat menstruasi.

Kalium bisa membantu meringankan rasa kembung pada perut yang sering terjadi saat menstruasi.

2. Lemon dan Jeruk

Makanan yang dapat meringankan nyeri menstruasi selanjutnya adalah lemon dan jeruk. Lemon adalah buah yang kaya akan vitamin C dan serat.

Vitamin C bisa membantu tubuh menyerap zat besi dari makanan, yang penting untuk mencegah anemia saat menstruasi. Serat bisa membantu mencegah kejang otot yang menyebabkan nyeri haid.

Sementara itu, jeruk mengandung lebih banyak vitamin C daripada lemon, dan juga magnesium, kalium, dan vitamin D. Jeruk hampir memiliki kadar nutrisi yang sama dengan susu.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x