Kompas TV lifestyle tren

Kumpulan Quotes Hari Kartini 2024 dari Kata-Kata RA Kartini, Bisa Dijadikan Caption Media Sosial

Kompas.tv - 19 April 2024, 16:05 WIB
kumpulan-quotes-hari-kartini-2024-dari-kata-kata-ra-kartini-bisa-dijadikan-caption-media-sosial
Quotes RA Kartini untuk Hari Kartini 2024. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Dian Nita | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari Kartini 2024 akan diperingati sebentar lagi, yaitu tepatnya pada Minggu, 21 April 2024. Berikut sejumlah kutipan atau quotes yang bisa diunggah di sosial media.

Hari Kartini adalah hari nasional Indonesia untuk memperingati perjuangan Raden Ajeng (RA) Kartini, seorang tokoh yang berani memperjuangkan hak-hak perempuan pada masanya. 

Jasanya membuat para perempuan Indonesia kini bisa mengenyam pendidikan setinggi-tingginya, berpartisipasi dalam kursi pemerintahan, atau bekerja dengan profesi tinggi dan kedudukannya setara dengan laki-laki.

Hari Kartini mulai diselenggarakan sejak ditetapkan pada masa pemerintahan presiden pertama Indonesia, Ir Soekarno lewat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 108 Tahun 1964 tanggal 2 Mei 1964.

Keputusan tersebut bersamaan dengan ditetapkannya Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Indonesia. Selain itu, pemilihan 21 April sebagai Hari Kartini juga karena tanggal tersebut adalah hari kelahiran Kartini, yang jatuh pada 21 April 1879.

Baca Juga: Mengenang Hari Wafat RA Kartini (III-Habis): Bukan Sekadar "Habis Gelap Terbitlah Terang"

Meskipun ditetapkan sebagai hari besar nasional, namun berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri, Hari Kartini 21 April tidak ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Ada banyak cara untuk memperingati Hari Kartini 2024, salah satunya dengan membaca quotes RA Kartini yang inspiratif. Berikut kumpulan kata-kata RA Kartini dikutip dari berbagai sumber.

Quotes RA Kartini

1. "Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi, satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri." 

2. "Jangan menyerah selagi kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan itu datang karena selangkah lagi kamu menang."

3. "Teruslah Engkau bermimpi, teruslah Engkau bermimpi, bermimpilah selama dikau masih bisa bermimpi! Bila tiada bermimpi, apakah jadinya hidup ini! Kehidupan yang sebenarnya adalah kejam."

4. "Ikhtiar! Berjuanglah membebaskan diri. Jika engkau sudah bebas karena ikhtiarmu itu, barulah dapat engkau tolong orang lain."




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x