Kompas TV lifestyle kesehatan

9 Makanan yang Dapat Meningkatkan Trombosit dengan Cepat

Kompas.tv - 18 April 2024, 03:00 WIB
9-makanan-yang-dapat-meningkatkan-trombosit-dengan-cepat
Ilustrasi. Susu sebagai salah satu minuman yang baik dikonsumsi saat Sahur untuk menghindari lemas saat berpuasa (Sumber: Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Demam berdarah menjadi salah satu penyakit yang memicu penurunan kadar trombosit dalam tubuh. Penurunan kadar trombosit diikuti dengan sejumlah gejala, seperti rasa lelah berlebihan, mudah memar, dan gusi berdarah.

Melansir laman Medical News Today, jumlah trombosit dalam tubuh manusia berkisar antara 150.000 hingga 400.000 per mikroliter. Virus DBD bisa menurunkan jumlah trombosit hingga di bawah 150.000 per mikroliter.

Kurangnya jumlah trombosit dapat membuat darah susah membeku, sehingga orang tersebut bisa kehilangan lebih banyak darah. Kondisi kadar trombosit yang rendah pada pasien demam berdarah dengue (DBD) perlu segera diatasi.

Baca Juga: Kenali 10 Gejala dan Penyebab Penyakit Langka Anemia Aplastik, Trombosit Turun Terus Seperti DBD

Makanan yang Dapat Meningkatkan Trombosit dengan Cepat

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan trombosit dengan cepat, salah satunya melalui makanan tinggi zat besi dan padat nutrisi.

Dikutip dari laman Healthline, berikut makanan yang dapat meningkatkan trombosit dengan cepat.

1. Susu dan produk olahannya

Susu merupakan sumber kalsium dan protein yang kaya dan penting dalam menjaga kekuatan tulang dan otot tubuh. Susu juga mengandung vitamin K yang vitamin penting dalam mekanisme pembekuan darah di tubuh.

Selain itu, konsumsi susu secara teratur diyakini dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit darah total. Jadi, jika Anda ingin meningkatkan trombosit, pastikan meminum segelas susu secara teratur.

2. Pepaya

Pepaya dan daun pepaya adalah obat alami yang terkenal dapat meningkatkan trombosit. Ada banyak teori mengapa pepaya bisa menjadi makanan terbaik untuk meningkatkan trombosit.

Buah kaya enzim ini secara signifikan meningkatkan aktivitas enzim yang penting dalam produksi trombosit di sumsum tulang. Ekstrak daun pepaya mungkin paling dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi jumlah trombosit yang rendah.

Dalam satu uji coba terkontrol plasebo pada orang dewasa yang menderita demam berdarah, ekstrak daun pepaya dikaitkan dengan penurunan kadar trombosit yang lebih sedikit pada hari pertama hingga kelima rawat inap. Penelitian lain yang mengamati anak-anak penderita demam berdarah juga mencatat beberapa manfaat sehubungan dengan kadar trombosit.

3. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau merupakan sumber vitamin K yang penting dalam jalur pembekuan darah. Sayuran ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan jumlah trombosit sampai batas tertentu.

Contoh sayuran berdaun hijau adalah bayam. Bayam merupakan sumber folat (vitamin B9) yang sangat baik.

Nutrisi ini tidak hanya dibutuhkan untuk produksi trombosit, tetapi juga sel darah merah dan sel darah putih. Pilihan lain yang baik untuk makanan tinggi folat termasuk sayuran berdaun hijau lainnya, seperti sawi, peterseli, kemangi, bayam, seledri, asparagus, dan selada air.

4. Cokelat hitam



Sumber : Medical News Today, Healthline


BERITA LAINNYA



Close Ads x