Kompas TV lifestyle kesehatan

Hewan Laut Ini Tak Cuma Lezat, Intip 6 Manfaat Bulu Babi untuk Kesehatan

Kompas.tv - 16 April 2024, 22:00 WIB
hewan-laut-ini-tak-cuma-lezat-intip-6-manfaat-bulu-babi-untuk-kesehatan
Bulu babi atau landak laut yang sudah diolah menjadi makanan. Banyak manfaat kesehatan dari hewan laut ini. (Sumber: bobo.grid.id)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Bulu babi atau landak laut merupakan salah satu hewan laut yang cukup digemari. Hewan laut yang masih satu famili dengan teripang ini kerap diolah menjadi makanan lezat bernama uni. 

Tak hanya rasanya yang enak, bulu babi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bulu babi atau sea urchin memiliki nutrisi yang mirip dengan jenis makanan laut lainnya, yakni sumber protein dan lemak sehat yang baik.

Melansir laman Global Sea Foods North America, landak laut pun termasuk makanan rendah kalori dan padat nutrisi serta kaya akan vitamin dan mineral. Hewan laut ini berkualitas baik berwarna oranye, emas, atau kuning dengan rasa manis dan tekstur halus seperti mentega.

Sebaliknya, uni berkualitas buruk akan terlihat berbintik, gembur, berair, kusam, dan berubah warna, serta memiliki rasa pahit yang harus dihindari. Dikutip dari laman National Institutes of Health, berikut manfaat bulu babi atau landak laut untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Nyobain Makan Gurita Dan Bulu Babi Langsung Ambil Dari Laut

Manfaat Bulu Babi atau Landak Laut

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu manfaat bulu babi adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Landak laut kaya akan antioksidan yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh seseorang.

Saat sistem imunitas atau kekebalan menguat, tubuh pun tidak mudah terserang infeksi atau penyakit. Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Marine Drugs pada Juni 2017 menyoroti manfaat lain dari bulu babi.

Makanan ini merupakan sumber antioksidan yang dikenal sebagai karotenoid. Senyawa tersebut dapat membantu melindungi tubuh terhadap penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer dan Parkinson.

2. Menjaga kesehatan jantung

Bulu babi juga dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung. Hewan laut ini mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi. 

Asam lemak omega 3 adalah lemak sehat yang baik untuk jantung. Menurut American Heart Association, omega 3 membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.



Sumber : National Institutes of Health


BERITA LAINNYA



Close Ads x