Kompas TV lifestyle travel

Agar Perjalanan Lancar, Begini Cara Cek Jalan Macet saat Mudik Lebaran 2024

Kompas.tv - 3 April 2024, 05:30 WIB
agar-perjalanan-lancar-begini-cara-cek-jalan-macet-saat-mudik-lebaran-2024
Foto ilustrasi jalan macet. Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (23/12/2023). Berikut ini cara cek jalan maet selama perjalanan mudik Lebaran 2024. (Sumber: Kompas.tv/Ant/Dedhez Anggara/aww)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Cara cek jalan macet selama perjalanan mudik Lebaran 2024 dapat dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi di smartphone Anda. 

Mudik lebaran sering kali diiringi dengan fenomena kemacetan lalu lintas yang disebabkan oleh lonjakan jumlah pemudik. 

Tahun ini, pemerintah memperkirakan bahwa total pergerakan masyarakat selama Lebaran 2024 akan mencapai 193,6 juta orang, meningkat dibandingkan dengan periode Lebaran tahun sebelumnya yang mencapai 123,8 juta orang.

Dengan peningkatan jumlah pergerakan masyarakat tersebut, potensi kemacetan lalu lintas selama mudik Lebaran 2024 sangat mungkin terjadi.

Oleh karena itu, masyarakat perlu waspada dan berusaha menghindari jalan-jalan yang macet agar perjalanan mudik berjalan lancar.

Ada beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk menghindari kemacetan, salah satunya adalah dengan memantau kondisi lalu lintas sebelum memulai perjalanan mudik.

Baca Juga: Hindari Macet, Pemudik Motor Pulang Kampung Lebih Awal

Memahami cara mengetahui kondisi jalan yang macet sangat penting bagi para pemudik untuk memastikan kelancaran perjalanan mudik Lebaran 2024.

Lantas, bagaimana cara mengetahui macet di jalan selama mudik Lebaran 2024?

Jika tertarik untuk mencobanya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengetahui jalan macet agar perjalanan mudik Lebaran 2024 lancar.

Cara Cek Jalan Macet Mudik Lebaran 2024

Pemudik dapat memanfaatkan aplikasi di smartphone untuk mengetahui menghindari jalanan macet selama mudik lebaran. 

Aplikasi navigasi populer seperti Google Maps dan Waze bisa menjadi solusi terbaik. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.