Kompas TV lifestyle kesehatan

8 Obat Tidur Alami yang Efektif Atasi Insomnia

Kompas.tv - 30 Maret 2024, 01:00 WIB
8-obat-tidur-alami-yang-efektif-atasi-insomnia
Bunga Lavender (Sumber: Unsplash/Nicole Pearce)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Insomnia merupakan gangguan tidur yang umum, ditandai dengan kesulitan tidur atau mempertahankan tidur. Hal ini dapat mengganggu kesehatan fisik dan mental, serta menurunkan kualitas hidup.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi insomnia, salah satunya adalah dengan obat tidur alami. Namun, terlalu sering mengonsumsi obat tidur juga tak baik untuk kesehatan.

Sebagai alternatif, Anda bisa mencoba obat tidur alami. Obat tidur alami dinilai sebagai pilihan yang relatif aman dan efektif sebagai cara mengatasi kesulitan tidur, terutama jika dibandingkan dengan penggunaan obat-obatan kimia. 

Baca Juga: Jangan Konsumsi Obat Tidur Tanpa Resep Dokter, Nanti Begini Efeknya

Dikutip dari laman Healthline, ada beberapa makanan dan minuman yang dapat berfungsi sebagai obat tidur alami. Aneka makanan dan minuman ini mengandung zat-zat alami yang dapat meningkatkan kualitas tidur.

Berikut rekomendasi obat tidur alami yang efektif atasi insomnia.

1. Susu 

Obat tidur alami yang pertama adalah susu. Susu dapat membantu meningkatkan produksi hormon melatonin di dalam tubuh. 

Agar lebih optimal, pastikan untuk memilih susu yang telah melalui proses pasteurisasi. Lebih baik pilih susu yang tidak mengandung gula dan lemak yang tinggi, serta pastikan Anda tidak memiliki riwayat intoleransi laktosa. 

2. Teh chamomile

Selain susu, teh chamomile juga dapat menjadi pilihan kala insomnia menyerang. Teh jenis ini mengandung flavonoid yang dapat berinteraksi dengan reseptor benzodiazepin di otak.

Bagian otak ini terlibat dalam transisi tidur-bangun. Teh chamomile juga dapat membantu meningkatkan produksi hormon melatonin di dalam tubuh sehingga turut merangsang rasa kantuk.

Selain itu, teh chamomile juga dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks serta meredakan rasa cemas yang bisa membantu meningkatkan kualitas tidur. Tak seperti jenis teh pada umumnya, chamomile tak mengandung kafein sehingga cocok untuk bantu atasi insomnia.

3. Makanan tinggi magnesium

Makanan tinggi magnesium juga dapat menjadi salah satu obat tidur alami yang efektif. Magnesium merupakan salah satu jenis mineral yang berfungsi mengatur siklus serta kualitas tidur. 

Oleh karenanya, penting untuk memenuhi asupan magnesium harian guna mengatasi susah tidur atau insomnia. Pada pria dewasa, asupan magnesium yang dianjurkan adalah sekitar 350 miligram setiap hari. 

Sementara itu, asupan magnesium yang disarankan untuk wanita dewasa yaitu 300–320 miligram. Beberapa jenis makanan tinggi magnesium yang dapat dikonsumsi untuk membantu menjaga kualitas tidur adalah alpukat, pisang, cokelat hitam, dan lain sebagainya.

4. Makanan mengandung melatonin



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x