Kompas TV lifestyle kesehatan

Kaya Antioksidan dan Vitamin, Ini 8 Manfaat Buah Blackberry untuk Kesehatan

Kompas.tv - 29 Maret 2024, 04:45 WIB
kaya-antioksidan-dan-vitamin-ini-8-manfaat-buah-blackberry-untuk-kesehatan
Ilustrasi kesehatan. (Sumber: Pixabay/Free-Photos)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Buah blackberry merupakan salah satu jenis beri-berian yang cukup populer. Buah berwarna ungu gelap ini memiliki rasa manis sedikit masam.

Selain rasanya yang segar, blackberry juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Dikutip dari laman Food Data Central USDA, buah blackberry dikonsumsi untuk menjaga kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit sejak ribuah tahun yang lalu.

Sama seperti buah beri lainnya, blackberry kaya akan vitamin dan antioksidan. Kandungan gizi inilah yang membuat blackberry memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Baca Juga: Cenderung Asam dan Jarang Dimakan Mentah, Ini 8 Manfaat Jus Cranberry untuk Kesehatan

Blackberry memiliki komponen antioksidan dan indeks glikemik rendah. Buah beri jenis ini juga mengandung vitamin A, vitamin B, selenium, zinc, serta aneka antioksidan, seperti lutein, zeaxanthin, dan antosianin. 

Warna ungu gelap buah blackberry berasal dari kadar antosianinnya yang tinggi. Tak heran jika banyak yang tertarik untuk mengonsumsi buah ini walaupun perlu merogoh kocek lebih banyak untuk membelinya.

Dikutip dari laman Cleveland Clinic, berikut manfaat buah blackberry untuk kesehatan yang sayang dilewatkan.

1. Melancarkan sistem pencernaan

Salah satu manfaat utama buah blackberry adalah menjaga dan melancarkan sistem pencernaan. Buah jenis ini memiliki kandungan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Kandungan serat dalam satu cangkir blackberry dapat memenuhi 31 persen kebutuhan serat harian orang dewasa. Serat dapat membuat saluran pencernaan menjadi sehat dan terhindar dari beberapa masalah pencernaan seperti sembelit, kembung, dan sakit perut.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Blackberry adalah sumber vitamin C, vitamin K, dan mangan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menyembuhkan luka, memaksimalkan penyerapan zat besi, menangkal radikal bebas penyebab kanker, dan mencegah berbagai macam penyakit kronis.

Lalu Vitamin K memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tulang dan mineral yang berperan menjaga kemampuan organ tubuh dapat berfungsi dengan baik saat beraktivitas. Sedangkan mangan berperan dalam menghasilkan energi, melindungi sel dari kerusakan, imunitas, pertumbuhan tulang, reproduksi, dan pembekuan darah

3. Mengontrol gula darah

Selain baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, kandungan serat dalam blackberry juga dapat mengendalikan kadar gula darah. Selain itu, buah ini juga memiliki indeks glikemik rendah sebesar 25 yang merupakan angka aman untuk penderita diabetes, sehingga kadar gula darah bisa lebih terkontrol. 

4. Mengurangi peradangan 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x