Kompas TV lifestyle travel

Kemenkominfo Sediakan Buku Panduan Mudik Lebaran 2024, Ini Link Downloadnya

Kompas.tv - 27 Maret 2024, 22:54 WIB
kemenkominfo-sediakan-buku-panduan-mudik-lebaran-2024-ini-link-downloadnya
Berikut link download buku elektronik Mudikpedia yang bisa digunakan sebagai panduan selama mudik Lebaran 2024. (Sumber: Tangkapan layar Mudikpedia)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyediakan informasi dan panduan mudik Lebaran 2024 bagi masyarakat melalui buku elektronik yang diberi nama Mudikpedia.

Buku elektronik Mudikpedia ini menyajikan berbagai informasi seperti peta kuliner, pantauan lalu lintas kendaraan, hingga berbagai layanan selama mudik Lebaran 2024.

"Buku elektronik ini melanjutkan kerja tim komunikasi publik yang sudah dilakukan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini untuk memberikan panduan kepada masyarakat yang akan mudik. Semua informasi yang dibutuhkan telah dirangkum dalam booklet ini," kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Usman Kansong, dalam siaran pers dikutip dari Antara, Rabu (27/3/2024).

Adapun pihak Kementerian Perhubungan mengungkapkan, selama periode mudik Lebaran 2024, total proyeksi orang yang melakukan perjalanan bisa mencapai 193,6 juta orang.

Maka dari itu, pemerintah menghadirkan buku elektronik Mudikpedia untuk memudahkan masyarakat selama melakukan perjalanan sebelum sampai sesudah Hari Raya Idul Fitri 2024.

"Penjelasan dalam buku elektronik ini lengkap, sehingga mereka bisa menentukan misalnya kapan dan melalui jalur mana saat mudik," kata Usman.

Baca Juga: Kehabisan Bensin di Tol saat Mudik? Ini Nomor yang Bisa Dihubungi untuk Suplai BBM

"Masyarakat bisa memantau lokasi-lokasi yang berpotensi terjadi kepadatan, rest area, pom bensin terdekat, rumah makan, dan posko kesehatan," imbuhnya.

Berbagai panduan di Mudikpedia ini juga mencakup informasi mengenai layanan mudik gratis, pemesanan tiket kereta dan kapal, prakiraan cuaca, layanan penukaran uang, hingga informasi tentang jalan tol dan pantauan lalu lintas kendaraan.

"Buku ini bisa juga jadi bahan bacaan selama perjalanan, karena di dalamnya juga ada informasi terkait latar belakang, sejarah, dan berbagai hal menarik tentang tradisi mudik di Indonesia," terang Usman.

Dia mengungkapkan, pemudik yang menggunakan kendaraan listrik juga akan mendapat manfaat karena buku elektronik memberikan informasi tentang lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Mudikpedia juga bisa membantu warga merencanakan perjalanan mudik yang aman dan nyaman, baik melalui darat, laut, atau udara.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi mengenai mudik Lebaran 2024, berikut link download buku elektronik Mudikpedia.

Download Mudikpedia 

Baca Juga: Cara Cek Kepadatan Lalu Lintas saat Mudik Lebaran 2024 via Google Maps



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x