Kompas TV lifestyle beauty and fashion

8 Manfaat Memakai Sunscreen, dari Mencegah Penuaan Dini hingga Menurunkan Risiko Kanker

Kompas.tv - 23 Maret 2024, 07:25 WIB
8-manfaat-memakai-sunscreen-dari-mencegah-penuaan-dini-hingga-menurunkan-risiko-kanker
ilustrasi. Sunscreen atau tabir surya adalah produk perawatan kulit yang melindungi kulit dari sinar UV matahari. (Sumber: National Cancer Institute on Unsplash)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sunscreen atau tabir surya adalah produk perawatan kulit yang melindungi kulit dari sinar UV matahari. Ada dua jenis sunscreen yang umum digunakan, yaitu physical sunscreen dan chemical sunscreen

Kedua jenis sunscreen tersebut memiliki cara kerja yang berbeda dan mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Penggunaan sunscreen sangat direkomendasikan bagi wanita, pria, maupun anak-anak yang beraktivitas di bawah matahari. 

Tabir surya dapat melindungi kulit dari kerusakan seperti terbakar sinar UV. Namun rupanya, sunscreen tidak hanya memberikan perlindungan akan terik matahari. 

Baca Juga: Yuk, Pelajari Pentingnya Menggunakan Sunscreen untuk Semua Usia!

Ada banyak manfaat mengoleskan sunscreen bagi kesehatan kulit. Dikutip dari laman Ehe Health, ini 8 manfaat memakai suncreen untuk kesehatan kulit.

8 Manfaat Memakai Sunscreen untuk Kesehatan Kulit

1. Mencegah penuaan dini

Manfaat suncreen untuk kesehatan kulit yang pertama adalah mencegah penuaan dini. Kulit yang kerap terkena paparan sinar matahari secara berulang tanpa perlindungan, dapat mengalami kerusakan pada elastin, kolagen, dan sel-selnya. 

Seiring waktu, kerusakan tersebut akan menyebabkan tanda-tanda penuaan dini termasuk perubahan warna, kerutan, dan garis-garis halus. Masalah-masalah tersebut bisa dicegah dengan menggunakan tabir surya secara rutin.

2. Mengurangi risiko kanker kulit

Suncreen juga dapat mengurangi risiko kanker kulit. Risiko tersebut dapat dicegah dengan menggunakan sunscreen SPF 30 setiap 3 hingga 4 jam. 

Namun untuk perlindungan lebih, Anda dapat menggunakan tabir surya dengan tingkat SPF yang lebih tinggi. Disarankan untuk mengoleskan sunscreen dalam kurun waktu dua jam sekali jika kamu memiliki banyak aktivitas di luar ruangan.

3. Mengurangi peradangan kulit

Kulit yang terus-menerus terpapar sinar matahari dapat menjadi kemerahan dan mengalami peradangan yang menyakitkan. Sunscreen dapat membantu mencegah peradangan dari sinar berbahaya. 

Jangan memilih tabir surya yang mengandung alkohol jika Anda memiliki kulit yang sensitif.

4. Mengurangi gejala rosacea

Rosacea adalah kondisi kulit yang kemerahan dan tampak berurat. Fungsi suncreaan dapat membantu meredakan kemerahan akibat rosacea.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x