Kompas TV lifestyle kesehatan

Asal Tidak Berlebihan, Temukan 9 Manfaat Pepaya untuk Kesehatan

Kompas.tv - 22 Maret 2024, 17:05 WIB
asal-tidak-berlebihan-temukan-9-manfaat-pepaya-untuk-kesehatan
Pepaya. Pepaya berkhasiat sebagai antioksidan, antikanker, pencegah-pelindung dari penyakit kardiovaskuler, pencegah serangan jantung, penyakit jantung diabetik, stroke, dan kanker kolon (usus besar). (Sumber: Sajian Sedap/Grid.id)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pepaya (Carica papaya L.) menjadi salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, terutama kesehatan pencernaan. Dikutip dari laman Healthline, pepaya memiliki enzim papain yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Pasalnya, enzim ini dapat memecah protein di dalam perut sehingga menurunkan risiko kembung dan gangguan pencernaan. Pepaya juga memiliki kandungan serat dan air yang tinggi yang berguna untuk mencegah sembelit dan melancarkan buang air besar, serta menyehatkan saluran pencernaan.

Meskipun umumnya aman dan baik untuk dikonsumsi setiap hari, beberapa orang dapat mengalami efek samping tertentu setelah makan pepaya. Makan pepaya secara berlebihan dapat meningkatkan risiko diare atau sakit perut.

Baca Juga: 10 Manfaat Air Rebusan Daun Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Dapat Menurunkan Tekanan Darah!

Konsumsi pepaya juga perlu dibatasi ketika Anda memiliki alergi terhadap pepaya, sedang hamil, atau sedang mengonsumsi jenis obat tertentu, seperti obat untuk menurunkan gula darah.

Dikutip dari laman WebMD, berikut manfaat pepaya untuk kesehatan.

1. Melancarkan pencernaan

Manfaat pepaya bagi kesehatan tubuh amat beragam, salah satunya dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Manfaat pepaya untuk pencernaan berasal dari enzim yang terkandung dalam buah ini.

Enzim tersebut antara lain papain, chymopapain, caricain, dan glycyl endopeptidase. Kadar enzim paling tinggi ketika buah pepaya dalam kondisi matang. 

Menurut penelitian dalam Neuro Endocrinology Letters, kelompok yang mengonsumsi formula dengan bahan dasar pepaya, dapat menurunkan risiko sembelit dan perut kembung selama 40 hari.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Pepaya merupakan salah satu buah yang memiliki manfaat bagi kesehatan jantung. Buah ini banyak mengandung vitamin C dan likopen, zat yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung. 

Pepaya juga mengandung antioksidan yang bisa meningkatkan efek kolesterol baik (HDL) yang ada di dalam tubuh. 

3. Menjaga kesehatan rambut

Manfaat pepaya juga berkaitan dengan kesehatan rambut. Buah ini mengandung vitamin A, nutrisi yang penting untuk produksi sebum, yang menjaga kelembapan rambut. 

Vitamin A juga baik untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.  

4. Meningkatkan kesehatan kulit

Pepaya juga memiliki manfaat bagi kulit. Buah ini bisa menjaga kulit agar tetap sehat dan terlihat muda. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x