Kompas TV lifestyle kesehatan

6 Makanan Ini Dapat Memicu Kram Perut, Ada Apa Saja?

Kompas.tv - 22 Maret 2024, 01:05 WIB
6-makanan-ini-dapat-memicu-kram-perut-ada-apa-saja
Foto ilustrasi. Nagita Slavina curhat alami kram perut saat periksa ke dokter kandungan. Kram perut disebabkan oleh sejumlah makanan. (Sumber: YouTube/RANS Entertainment)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Bagi sebagian orang, jenis makanan tertentu dapat memicu kram perut.

Kram perut terjadi ketika Anda merasakan nyeri seperti diremas atau terbakar di lebih dari separuh perut. Rasa nyerinya bisa terus-menerus tidak berhenti atau putus-putus (datang dan pergi).

Dikutip dari laman Very Well Health, kram perut dapat menyerang siapa saja. Penyebabnya sering kali karena gas, gangguan pencernaan, sembelit, atau kontraksi otot, di mana makanan bisa menjadi pemicunya. Makanan berlemak, pedas dan tinggi serat seperti kacang-kacangan dapat memicu kram perut.

Baca Juga: Kram Perut Parah saat Daki Gunung Himalaya, Gadis Petualang Ini Ternyata Alami Menstruasi Mendadak

Dikutip dari laman WebMD, berikut daftar makanan yang dapat memicu kram perut.

Makanan pemicu kram perut

1. Makanan berlemak

Makanan berlemak dapat memicu kram perut, terlebih jika dikonsumsi saat perut kosong seperti saat berpuasa. Makanan tinggi lemak membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh.

Hal ini dapat membuat usus Anda menegang hingga menyebabkan kram perut. Makanan tinggi lemak juga dapat memperburuk sindrom iritasi usus besar (IBS).

IBS dapat menyebabkan kembung, nyeri, sembelit, dan diare. Makanan tinggi lemak, seperti aneka gorengan dan kebanyakan makanan cepat saji.

2. Produk olahan susu

Terlalu banyak mengonsumsi produk susu dapat memicu kram perut bagi sebagiann orang. Hal ini karena produk susu mengandung sejenis gula yang disebut laktosa.

Banyak orang yang tidak menghasilkan cukup enzim untuk mencernanya. Produk susu, meliputi susu, keju, atau makanan olahan susu lainnya.

Ada baiknya menghindari mengonsumsi produk susu berlebihan selama menjalankan puasa Ramadan.

3. Makanan pedas



Sumber : Very Well Health, WebMD


BERITA LAINNYA



Close Ads x