Kompas TV lifestyle beauty and fashion

Menarik, 5 Manfaat Marine Collagen untuk Kulit Wajah

Kompas.tv - 21 Maret 2024, 03:50 WIB
menarik-5-manfaat-marine-collagen-untuk-kulit-wajah
Ilustrasi. Marine collagen atau kolagen laut adalah protein yang diekstrak dari sumber laut seperti ikan, salmon, dan rumput laut. (Sumber: Nataliya Melnychuk on Unsplash)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kolagen laut atau marine collagen merupakan bahan aktif yang semakin populer dalam dunia perawatan kulit atau skincare. Dipercaya sebagai sumber protein yang kaya manfaat, marine collagen digemari karena kemampuannya untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen alami dalam tubuh menurun. Hal ini mengakibatkan munculnya tanda-tanda penuaan seperti garis halus, kerutan, dan kulit kendur.

Baca Juga: Mengenal Tanda-Tanda Kulit Wajah Over Exfoliation dan Cara Mengatasinya

Marine collagen adalah protein yang diekstrak dari sumber laut seperti ikan, salmon, dan rumput laut.

Kolagen ini memiliki struktur yang mirip dengan kolagen alami dalam tubuh manusia, sehingga mudah diserap dan memberikan manfaat maksimal untuk kesehatan kulit.

5 Manfaat Marine Collagen untuk Kulit Wajah

Dikutip dari laman Everyday Health, berikut 5 manfaat marine collagen untuk wajah. 

1. Meningkatkan elastisitas kulit

Manfaat utama kolagen laut adalah membantu meningkatkan elastisitas kulit. Kandungan marine collagen dalam produk perawatan kulit akan membantu regenerasi sel.

Sehingga membantu mengurangi garis halus, kerutan, dan tanda-tanda penuaan lainnya.

2. Menjaga kelembapan kulit

Marine collagen memiliki kemampuan untuk mengikat air, sehingga membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembap. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan terlihat lebih halus, plump, dan bercahaya.

Penelitian menunjukan, kolagen laut dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit hingga 48 jam. Kulit yang kering dapat menyebabkan turunnya kemampuan perlindungan kulit sehingga rentan mengalami iritasi dan sensitif.

3. Mempercepat regenerasi kulit

Marine collagen membantu mempercepat proses regenerasi sel kulit, sehingga kulit tampak lebih cerah dan awet muda. Proses regenerasi kulit wajah akan menghasilkan sel-sel kulit baru sehingga bekas jerawat dan hiperpigmentasi akan memudar. 

4. Antibakteri

Marine collagen ternyata juga memiliki sifat antibakteri yang tentu sangat baik untuk kulit. Kandungan peptida yang berasal dari kolagen, yaitu collagencin, terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, seperti Propionibacterium acnes (P. acnes).

Kolagen laut juga dapat membantu melindungi kulit dari infeksi bakteri yang dapat menyebabkan ruam, gatal, dan kemerahan.

Baca Juga: Mengenal Ceramide, Kandungan Skincare Populer yang Punya 5 Manfaat untuk Kulit Wajah

5. Mengurangi inflamasi

Manfaat marine collagen untuk wajah selanjutnya adalah mengurangi inflamasi. Kolagen laut juga dapat meredakan dan mengurangi peradangan pada kulit. 

Hal itu karena adanya peptida bioaktif dalam marine collagen yang memiliki sifat antioksidan. Antioksidan terbukti dapat mengurangi keberadaan spesies oksigen reaktif di seluruh tubuh.

Dengan berkurangnya spesies oksigen reaktif, antioksidan dapat meningkatkan sistem kekebalan pada kulit, sehingga membantu mengurangi terjadinya peradangan atau inflamasi pada kulit.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x