Kompas TV lifestyle beauty and fashion

5 Makanan yang Bikin Kuku Sehat dan Tidak Mudah Patah

Kompas.tv - 20 Maret 2024, 02:30 WIB
5-makanan-yang-bikin-kuku-sehat-dan-tidak-mudah-patah
Ilustrasi. Kuku yang sehat dan kuat tidak hanya indah dipandang, tetapi juga mencerminkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. (Sumber: Ellie Eshaghi on Unsplash)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kuku yang sehat dan kuat tidak hanya indah dipandang, tetapi juga mencerminkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sayangnya, banyak orang yang mengalami masalah kuku seperti rapuh, mudah patah, kusam, dan bergaris.

Jangan khawatir, sebab kesehatan kuku dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi penting untuk kuku. Dikutip dari laman Health, biotin dapat memperkuat kuku dan mencegahnya mudah patah.

Tak hanya itu, protein juga akan membangun dan memperbaiki jaringan kuku agar lebih sehat. Berikut makanan yang baik untuk kesehatan kuku.

Baca Juga: Setop Pakai Gunting Kuku Bergantian dengan Orang Lain, Ini lo Bahayanya! | SINAU

5 Makanan yang Membuat Kuku Sehat

1. Telur

Makanan yang baik untuk kesehatan kuku yang pertama adalah telur. Telur mengandung protein yang mudah dicerna oleh tubuh.

Asupan protein yang cukup akan menghasilkan keratin. Keratin yang memberikan kuku kekuatan dan melindunginya dari kerusakan, serta stres.

Meski begitu, kuku dibentuk oleh sel mati yang dilepaskan tubuh saat sel-sel baru mendorong dari bawahnya. Oleh sebab itu, asupan protein harian yang cukup akan meningkatkan produksi keratin. 

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan kuku yang kuat secara tidak langsung. Sementara kekurangan protein dapat melemahkan kuku. 

2. Buah-buahan

Buah-buahan, terutama pisang, kiwi, aprikot, atau anggur, merupakan makanan yang baik untuk kesehatan kuku. Hal itu tentunya dipengaruhi oleh kandungan vitamin dalam buah.

Buah aprikot kering kaya akan vitamin A, kiwi kaya akan vitamin C, dan pisang mengandung vitamin B6. Selain itu, Anda bisa mengonsumsi anggur yang mengandung antioksidan tinggi yang bisa meningkatkan kesehatan kuku. 

3. Kacang-kacangan

Konsumsi kacang-kacangan dianjurkan dalam menjaga kesehatan kuku. Cobalah untuk mengonsumsi kacang kedelai, kacang polong, ataupun kacang lainnya yang kaya akan protein baik. 

Kacang-kacangan kaya akan kandungan protein yang tidak hanya meningkatkan pertumbuhan kuku, tetapi juga merupakan sumber vitamin dan mineral, seperti zat besi, seng, dan biotin yang sangat bagus untuk kesehatan kuku.

4. Sayuran hijau

Makanan yang baik untuk kesehatan kuku selanjutnya adalah sayuran hijau. Sayuran hijau seperti bayam atau kangkung, mengandung zat besi.

Zat besi membentuk pusat sel darah merah yang membawa oksigen ke organ dan setiap sel tubuh, termasuk kuku. Bila tubuh kekurangan zat besi, Anda mungkin akan menjumpai fenomena kuku sendok atau kuku cekung.

Baca Juga: Peminat Nail Art Meningkat, Beauty Studio Ini Buka Workshop Hias Kuku di Banjarbaru

5. Daging

Daging tanpa lemak juga bisa membantu menjaga kesehatan kuku. Jenis makanan yang satu ini diketahui kaya akan kandungan protein dan zat besi.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x