Kompas TV lifestyle beauty and fashion

Kulit Kering saat Berpuasa? Jangan Panik, Coba Konsumsi 5 Makanan ini untuk Sahur atau Berbuka

Kompas.tv - 19 Maret 2024, 16:05 WIB
kulit-kering-saat-berpuasa-jangan-panik-coba-konsumsi-5-makanan-ini-untuk-sahur-atau-berbuka
Ilustrasi. Daftar makanan yang direkomendasikan untuk cegah kulit kering saat berpuasa. (Sumber: Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kulit menjadi kering saat berpuasa di bulan Ramadan adalah kondisi yang normal. Hal ini dikarenakan kurangnya asupan cairan dalam tubuh saat berpuasa. 

Untuk mencegah kulit kering selama berpuasa di bulan Ramadan, tidak cukup hanya mengandalkan pelembab karena produk tersebut tidak akan mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit.

Sehingga diperlukan penggunaan pelembab dan pola makan yang sehat untuk merawat kulit dari dalam selama Ramadan.

Berikut ini adalah lima daftar makanan sahur dan berbuka puasa yang direkomendasikan untuk mencegah kulit kering, seperti yang dikutip dari Kontan.co.id. 

1. Alpukat

Alpukat adalah salah satu makanan yang baik untuk mencegah kulit kering saat berpuasa. Sebagai superfood, alpukat mengandung banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Buah yang kaya krim ini dapat diandalkan untuk menjaga kulit tetap lembap saat berpuasa. Kandungan vitamin, protein, dan lemak sehat dalam alpukat membantu melindungi kulit dari dalam dan mencegah kehilangan kelembaban.

Tidak hanya itu, alpukat juga kaya akan protein yang membantu dalam pembentukan kolagen dan elastin, yang keduanya penting untuk menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit.

2. Salmon

Salmon adalah makanan lain yang baik untuk mencegah kulit kering yang sangat disarankan untuk dikonsumsi saat sahur maupun berbuka puasa.

Baca Juga: 6 Makanan dan Minuman untuk Jaga Kesehatan Pencernaan, Cocok Dikonsumsi saat Berbuka Puasa

Salmon sangat baik untuk kulit kering karena kandungan tinggi asam lemak omega-3. Asam lemak ini membantu memperkuat sel-sel kulit, meningkatkan fungsi penghalang kulit, dan melindungi dari kerusakan sinar UV.

Selain itu, salmon memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi kemungkinan munculnya masalah kulit kering seperti psoriasis, eksim, dan dermatitis.

3. Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan makanan yang sangat baik bagi mereka yang memiliki kulit kering dan bersisik.

Kandungan vitamin A yang kaya dalam ubi jalar dapat membantu menjaga kelembaban kulit, menjadikannya tetap sehat dan kenyal. Selain itu, vitamin A juga berperan dalam regenerasi sel kulit dan mencegah pengelupasan kulit.

Tambahan vitamin C dalam ubi jalar juga memberikan manfaat bagi kulit, seperti mencerahkan kulit, memberikan perlindungan antioksidan, mencegah penuaan dini, dan menjaga kulit tetap sehat, kencang, serta bercahaya.



Sumber : Kontan.co.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x