Kompas TV lifestyle tren

Durasi Puasa Ramadan 2024 Tercepat dan Terlama di Dunia, Bagaimana dengan Indonesia?

Kompas.tv - 15 Maret 2024, 01:00 WIB
durasi-puasa-ramadan-2024-tercepat-dan-terlama-di-dunia-bagaimana-dengan-indonesia
Ilustrasi Greenland (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jika Anda di Indonesia puasa selama 13-14 jam, tahukah di belahan bumi lainnya ada yang puasanya cepat, atau bahkan terlama hingga 18 jam. 

Dikutip dari Al Jazeera, pada ramadan 2024 ini durasi puasa terlama di dunia berada di Nuuk, Greenland dengan waktu 17 jam 52 menit.

Sementara itu, wilayah Christchurch, Selandia Baru merupakan daerah dengan puasa tersingkat di dunia, yaitu selama 12 jam 42 menit di akhir Ramadan nanti.

Baca Juga: Kasus Kepala Bayi Tertinggal di Dalam Rahim, Keluarga Lapor Polisi

Tak hanya di dunia, wilayah Indonesia juga memiliki durasi puasa yang berbeda-beda. Lalu, di mana daerah dengan durasi puasa tersingkat dan terlama di Indonesia tahun 2024?

Daerah dengan durasi puasa tercepat dan terlama di Indonesia

Astronom amatir Indonesia, Marufin Sudibyo mengatakan, durasi puasa tersingkat di Indonesia pada awal Ramadhan 1445 Hijriah terjadi di Kabupaten Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), yaitu selama 13 jam 21 menit.

Sementara itu, durasi puasa terlama di Indonesia pada awal Ramadhan 1445 Hijriah berada di Kota Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT), yakni selama 13 jam 31 menit.

Sebagai pembanding, pada saat yang sama, durasi puasa di awal Ramadhan wilayah Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta adalah 13 jam 28 menit.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x