Kompas TV lifestyle kesehatan

Jangan Asal Konsumsi, Ini 7 Makanan dan Minuman yang Bisa Memperburuk Suasana Hati

Kompas.tv - 8 Maret 2024, 04:15 WIB
jangan-asal-konsumsi-ini-7-makanan-dan-minuman-yang-bisa-memperburuk-suasana-hati
Ilustrasi moody atau perubahan suasana hati yang cepat (Sumber: Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Suasana hati seseorang dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya makanan. Kandungan makanan yang Anda konsumsi dapat memengaruhi neurotransmitter pada otak yang bertanggung jawab terhadap pelepasan emosi atau perasaan.

Serupa makanan yang dapat meningkatkan hormon kebahagiaan, ada juga makanan yang justru membuat perasaan atau mood menjadi lebih buruk.

Melansir laman Eating Well, berikut makanan dan minuman yang dapat memperburuk suasana hati.

1. Alkohol

Kandungan alkohol dalam makanan sebenarnya bisa menaikkan cita rasa, seperti sedikit wine dalam masakan, hingga alkohol alami dalam tape dan durian. Namun pakar gizi dari Inggris, Tai Ibitoye, menyebut konsumsi alkohol secara reguler bahkan berlebihan bisa memperburuk kondisi mood.

Baca Juga: 7 Manfaat Cokelat untuk Kesehatan Tubuh: Bisa Tingkatkan Mood hingga Turunkan Kolesterol

Rasa senang yang muncul saat mengonsumsi alkohol adalah 'ilusi' semata. Sebenarnya, otak Anda tengah sibuk bekerja karena alkohol memicu otak untuk menghasilkan hormon stres atau cemas.

Konsumsi alkohol juga dapat mengurangi hormon serotonin. Pengurangan hormon serotonin ini dapat menyebabkan suasana hati memburuk.

2. Pangan ultra proses dan makanan cepat saji

Makanan cepat saji maupun makanan yang telah diproses tinggi sangat tidak disarankan untuk rutin dikonsumsi. Makanan seperti ini memiliki kadar lemak tak sehat yang sangat tinggi.

Di samping itu, makanan cepat saji diberikan banyak perasa tambahan dan pengawet. Mengonsumsi makanan seperti ini dapat memicu inflamasi dan ketidakseimbangan di dalam tubuh.

Selain emosi, makan makanan cepat saji juga dapat memperburuk neurotransmitter yang bertugas mengendalikan otak dalam mengolah emosi. Bahkan beberapa ahli menyebut makanan cepat saji dapat memicu amarah yang lebih memuncak.

3. Makanan manis

Konsumsi makanan berpemanis secara berlebihan dapat memicu kecemasan, rasa marah, hingga depresi. Makanan berpemanis dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk melawan stres. 

Hal ini akan membuat Anda kesulitan untuk merasa tenang. Selain berpengaruh terhadap suasana hati, pemanis buatan juga dapat menimbulkan sakit kepala dan migrain.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x