Kompas TV lifestyle kesehatan

Catat, 10 Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan dalam Freezer Agar Kualitasnya Terjaga, Apa Saja?

Kompas.tv - 5 Maret 2024, 00:00 WIB
catat-10-makanan-yang-sebaiknya-tidak-disimpan-dalam-freezer-agar-kualitasnya-terjaga-apa-saja
Ilustrasi. 10 Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan dalam Freezer (Sumber: Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TVFreezer adalah perangkat elektronik yang berperan dalam mempertahankan kesegaran bahan makanan dan minuman lebih lama melalui proses pembekuan.

Meskipun mampu mengawetkan bahan makanan dan minuman, tidak semua jenis makanan dapat disimpan dalam freezer. Hal ini disebabkan oleh kemungkinan kerusakan pada makanan akibat proses pembekuan.

Lantas, apa saja makanan itu?

Berikut 10 daftar makanan yang sebaiknya tidak disimpan dalam freezer.

1. Daging

Daging memang dianjurkan untuk disimpan atau dibekukan dalam freezer, namun disarankan hanya melakukan proses pembekuan sekali.

Jika daging yang telah dibekukan dalam freezer mengalami pencairan dan kemudian disimpan kembali dalam freezer, kondisi ini dapat menjadi peluang bagi bakteri untuk berkembang biak dan tumbuh dalam daging.

2. Telur 

Menempatkan telur yang masih berada dalam cangkangnya ke dalam freezer dapat mengakibatkan pembengkakan kandungan dalam telur ketika dibekukan, sehingga kulit luar telur dapat retak dan menjadi rentan terhadap bakteri.

Jika kamu tetap ingin membekukan telur, sebaiknya keluarkan telur dari cangkangnya, kemudian kocok hingga tercampur rata, dan simpan dalam wadah kedap udara untuk hasil yang lebih baik.

Baca Juga: Bulan Puasa Segera Tiba, Ini 5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Sahur

3. Pasta

Sebagian besar pasta yang disimpan dalam freezer cenderung menjadi sangat lembek saat dikeluarkan.

Hal ini dapat mengakibatkan penurunan kualitas rasa pada pasta, sehingga mungkin membuat kurang menggugah selera dan mengurangi keinginan untuk menyantapnya kembali.

4. Nasi

Sama seperti pasta, nasi yang disimpan dalam freezer juga dapat mengalami perubahan tekstur menjadi lembek dan mengurangi kenikmatannya saat dikonsumsi.

5. Buah-buahan

Buah-buahan dengan kandungan air tinggi seperti mentimun, melon, semangka, dan sejenisnya cenderung tidak cocok untuk disimpan dalam freezer.

Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan air dalam buah, yang dapat dengan cepat membentuk kristal es saat dibekukan.

Meskipun telah dicairkan, buah-buahan tersebut dapat mengalami perubahan tekstur menjadi lembek dan bahkan kehilangan kelezatannya sehingga tidak dapat dikonsumsi.

Baca Juga: Ada 5 Sayuran yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Penderita Diabetes, Apa Saja?

6. Sayuran



Sumber : sajiansedap.grid.Id


BERITA LAINNYA



Close Ads x