Kompas TV lifestyle kesehatan

Atasi Efek Penuaan Sel dengan Terapi Stem Cell untuk Cegah Penyakit Degeneratif

Kompas.tv - 2 Maret 2024, 05:05 WIB
atasi-efek-penuaan-sel-dengan-terapi-stem-cell-untuk-cegah-penyakit-degeneratif
Terapi Stem Cell di Jakarta Stemcell Centre, bagian dari SmartCo Clinic (Sumber: Dok. Istimewa)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seiring bertambahnya usia, tubuh kita menghadapi perubahan pada level sel yang signifikan.

Salah satu perubahan paling kritis adalah proses penuaan sel, yang berdampak pada kemampuan sel untuk memperbaiki dan memperbaharui diri.

Akibatnya, terjadi penurunan fungsi organ, meningkatnya risiko penyakit degeneratif, dan penurunan kualitas hidup secara keseluruhan.

Terapi stem cell merupakan salah satu cara mengatasi penuaan sel yang dapat memicu berbagai penyakit.

Tujuan terapi stem cell adalah untuk memperlambat proses penuaan, memperbaiki kerusakan pada rambut dan kulit, serta mengatasi berbagai masalah kesehatan lainnya.

Baca Juga: Pendaftaran Polteknaker 2024 Dibuka, Kampus Milik Kemnaker Gratis Biaya Pendidikan sampai Lulus

Stem cell dinilai menjadi solusi regeneratif yang komprehensif untuk berbagai masalah kesehatan, termasuk namun tidak terbatas pada perawatan anti-penuaan, pemulihan kerusakan rambut, dan perbaikan kondisi kulit.

Salah satu inovator layanan terapi stem cell di Indonesia, Jakarta Stemcell Centre, bagian dari SmartCo Clinic, menawarkan harapan baru bagi individu yang menghadapi efek penuaan sel, serta berbagai kondisi degeneratif yang mengikuti.

Sari W. Pramono selaku Presiden Direktur SmartCo Group sekaligus Ketua Komite Tetap Pasar Kerja dan Pemagangan KADIN Indonesia membagikan wawasan tentang potensi dan keamanan terapi stem cell.

Ia menekankan pentingnya penelitian berkelanjutan untuk memastikan terapi ini aman dan efektif, mencatat bahwa stem cell yang digunakan dalam penelitian mereka diambil dengan cara yang etis, tanpa melibatkan hewan atau tumbuhan, untuk mengurangi risiko dan meningkatkan keamanan.

“Sebagai inovator dari teknologi stem cell, kami telah menguji di lab kami mengenai potensi metode kami untuk kesehatan secara menyeluruh dan bisa jadi solusi untuk anti-aging misalnya keremajaan kulit, mobilitas sendi, kesehatan rambut, bahkan vitalitas dan kesehatan seksual," ucap Sari W. Pramono, dalam siaran pers, Jumat (1/3/2024).




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x