Kompas TV lifestyle kuliner

Harga Beras Naik? Ini 10 Rekomendasi Makanan Pengganti Nasi yang Bisa Dikonsumsi: Cocok Untuk Diet

Kompas.tv - 27 Februari 2024, 12:57 WIB
harga-beras-naik-ini-10-rekomendasi-makanan-pengganti-nasi-yang-bisa-dikonsumsi-cocok-untuk-diet
Foto ilustrasi. Rekomendasi makanan pengganti nasi di saat harga beras kian meningkat (Sumber: Jcomp on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Belakangan ini, harga beras mengalami kenaikan yang membuat masyarakat khawatir dan berupaya untuk mengamankan stok beras agar tidak kehabisan. 

Meskipun beras merupakan makanan pokok di Indonesia, hal ini tidak berarti bahwa tidak ada sumber karbohidrat lain yang dapat dikonsumsi.

Beberapa makanan di bawah ini dapat dijadikan alternatif pengganti nasi.

Kandungan gizinya juga sangat baik untuk memberikan energi sepanjang hari, bahkan cocok untuk mereka yang ingin mengontrol gula darah tetap menjaga tingkat energi. 

Selain itu, beberapa alternatif nasi ini bahkan memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti gula diserap secara perlahan dalam tubuh, menjadikannya pilihan yang sesuai untuk program diet.

Berikut ini adalah 10 rekomendasi makanan yang dapat dikonsumsi sebagai pengganti nasi:

1. Kentang

Kentang bisa menjadi alternatif pengganti nasi karena mengandung kadar karbohidrat yang cukup tinggi, yakni sekitar 13,5 gram per 100 gram. 

Selain itu, kentang juga dikenal memiliki kandungan gizi lainnya, seperti vitamin C, vitamin B, zat besi, kalsium, kalium, dan serat.

2. Singkong

Singkong memiliki nilai kalori sebanyak 160 kkal per 100 gram dan mengandung 38,06 gram karbohidrat. 

Indeks glikemik singkong relatif rendah, berkisar antara 60-80, menjadikannya pilihan yang sesuai untuk makanan dalam program diet.

Baca Juga: Harga Beras Merangkak Naik Mencapai Rp 17.000 Per Kg

3. Kacang Hijau

Alternatif lain yang bisa digunakan sebagai pengganti nasi adalah kacang hijau. Dalam setiap cangkir atau sekitar 202 gram kacang hijau terdapat 38,7 gram karbohidrat.

Kacang hijau kaya akan zat gizi, termasuk vitamin A, vitamin B1, vitamin C, asam lemak omega 3, omega 6, asam folat, serat, dan protein.

4. Telur

Selain kaya protein, telur juga dapat dijadikan alternatif pengganti nasi. Telur mengandung beberapa zat gizi penting, termasuk vitamin, asam folat, zat besi, dan omega 3. 

Secara kuantitatif, kandungan kalori dalam satu butir telur berkisar antara 60-70 kalori.

5. Ubi Jalar



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x