Kompas TV lifestyle beauty and fashion

7 Cara Ampuh Hilangkan Milia, Benjolan-Benjolan Kecil di Wajah

Kompas.tv - 27 Februari 2024, 15:00 WIB
7-cara-ampuh-hilangkan-milia-benjolan-benjolan-kecil-di-wajah
Ilustrasi. Milia merupakan benjolan kecil yang terbentuk karena sel kulit mati atau keratin terjebak di bawah permukaan kulit lalu mengeras. (Sumber: Shutterstock/vchal via Kompas.com)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Milia merupakan benjolan kecil yang terbentuk karena sel kulit mati atau keratin terjebak di bawah permukaan kulit lalu mengeras.

Benjolan ini umumnya muncul di area wajah, khususnya di kelopak mata, pipi, dagu, dan hidung.

Milia sering kali disalahartikan sebagai komedo putih. Meski tidak berbahaya, masalah kulit ini kerap mengganggu penampilan. 

Dikutip dari laman Healthline, cara menghilangkan milia dapat dilakukan dengan menggunakan produk kecantikan maupun prosedur dari dokter profesional.

Berikut cara menghilangkan milia dengan ampuh dan efektif.

Baca Juga: Mengenal Tanda-Tanda Kulit Wajah Over Exfoliation dan Cara Mengatasinya

7 Cara Menghilangkan Milia

1. Bersihkan kulit di sekitar milia

Bersihkan kulit di sekitar milia secara rutin. Tujuannya, agar tidak ada kotoran atau minyak yang dapat memperparah kondisi milia. 

Anda dapat menggunakan sabun dengan kandungan bebas paraben untuk menghilangkan minyak di sekitar milia. Lalu, keringkan wajah dengan cara di tepuk-tepuk agar milia tidak terkelupas dan meninggalkan bekas. 

2. Lakukan penguapan

Milia juga dapat dihilangkan dengan prosedur penguapan. Setelah membersihkan kulit wajah, Anda bisa melakukan penguapan untuk mencegah iritasi semakin bertambah parah. 

Caranya, hangatkan wajah dengan uap dari air panas selama 5 hingga 8 menit. Uap akan membuka pori-pori dan melepaskan kotoran yang terperangkap di bawah kulit.

Setelah itu, diamkan beberapa saat, kemudian keringkan wajah. Anda juga bisa membilasnya dengan air hangat.

3. Gunakan produk mengandung retinoid

Beberapa ahli menyarankan krim retinoid untuk menghilangkan milia. Krim retinoid mengandung vitamin A, nutrisi penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Gunakan krim retinoid atau retinol cukup sekali sehari. Pakai krim tersebut saat wajah sudah dalam kondisi bersih dan kering.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x