Kompas TV lifestyle kesehatan

Mengenal Sindrom Alice in Wonderland, Kondisi Langka yang Picu Masalah Persepsi

Kompas.tv - 12 Februari 2024, 10:05 WIB
mengenal-sindrom-alice-in-wonderland-kondisi-langka-yang-picu-masalah-persepsi
Ilustrasi. Sindrom Alice in Wonderland atau sindrom Todd adalah kondisi langka yang menyebabkan masalah persepsi dan disorientasi yang terdistorsi. (Sumber: Paxel/cottonbro)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sindrom Alice in Wonderland atau sindrom Todd adalah kondisi langka yang menyebabkan masalah persepsi dan disorientasi yang terdistorsi.

Pengidap sindrom Alice in Wonderland merasa lebih besar atau lebih kecil daripada kenyataannya.

Saat mengalami gangguan ini, pengidap sindrom Alice in Wonderland akan merasakan ruangan di sekitar tampak bergeser. Bahkan terasa lebih jauh atau lebih dekat daripada yang sebenarnya. 

Dikutip dari laman Cleveland Clinic, gangguan ini bukan disebabkan oleh masalah pada mata atau halusinasi. Tetapi, adanya perubahan dalam cara otak merasakan lingkungan sekitarnya.

Baca Juga: Mengenal Post Holiday Blues, Sindrom Sedih karena Liburan usai

Sindrom ini dapat mempengaruhi banyak indera, termasuk penglihatan, sentuhan, dan pendengaran.

Orang yang mengalami sindrom Alice in Wonderland mengalami perasaan kehilangan waktu, sehingga waktu terasa lebih cepat atau bahkan lebih lambat daripada kenyataannya.

Penyebab dan Gejala Sindrom Alice in Wonderland

Dikutip dari laman Healthline, penyebab sindrom Alice in Wonderland belum diketahui secara pasti. Namun dipastikan, sindrom Todd tidak memiliki hubungan dengan penyakit mental dan neurologis. 

Sindrom ini berkemungkinan akibat aktivitas listrik yang tidak biasa pada otak. Kemudian menyebabkan otak mengalami masalah dalam memproses lingkungan dan menyebabkan persepsi visual.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x