Kompas TV lifestyle kesehatan

Ketahui 8 Khasiat Teh Rooibos asal Afrika Selatan untuk Kesehatan

Kompas.tv - 30 Januari 2024, 15:56 WIB
ketahui-8-khasiat-teh-rooibos-asal-afrika-selatan-untuk-kesehatan
Ilustrasi. Teh rooibos adalah teh herbal yang berasal dari Afrika Selatan. Teh ini terbuat dari daun tanaman Aspalathus linearis yang telah dikeringkan. (Sumber: Jcomp on Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Teh rooibos adalah teh herbal yang berasal dari Afrika Selatan. Teh ini terbuat dari daun tanaman Aspalathus linearis yang dikeringkan. 

Daun Aspalathus linearis pada awalnya digunakan untuk obat herbal oleh suku Khoisan di daerah setempat.

Untuk membuat teh rooibos, daun dari tanaman Aspalanthus linearis dipetik dan ditumbuk, lalu difermentasi. 

Setelah fermentasi selesai, daun teh dijemur hingga kering di bawah sinar matahari. Teh rooibos memiliki rasa yang unik, yaitu manis dan sedikit pahit. 

Baca Juga: Mirip dengan Cuka Apel, Ini 10 Manfaat Cuka Nanas untuk Kesehatan

Teh rooibos mengandung kafein dalam jumlah yang lebih sedikit dibandingkan dengan teh hitam atau teh hijau.

Teh jenis ini dapat menjadi pilihan untuk orang yang sensitif terhadap kafein atau ibu hamil yang mengurangi asupan kafein.

Bagi orang-orang yang hipersensitif terhadap kafein, kafein dalam teh bisa memicu jantung berdebar-debar, gangguan tidur, atau merasa cemas. 

Teh rooibos juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Dikutip dari laman Medical News Today, berikut khasiat teh rooibos.

8 Khasiat Teh Rooibos untuk Kesehatan

1. Membantu melindungi sel-sel tubuh

Teh rooibos mengandung berbagai antioksidan, termasuk aspalathin, quercetin, dan luteolin. Antioksidan adalah senyawa yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Radikal bebas adalah molekul yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk kanker, penyakit jantung, dan Alzheimer.

2. Dapat menurunkan tekanan darah

Teh rooibos dapat membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini karena teh rooibos dapat menghambat enzim pengubah angiotensin (angiotensin-converting enzyme/ACE). 



Sumber : Medical News Today


BERITA LAINNYA



Close Ads x