Kompas TV lifestyle kesehatan

Menurut Penelitian, 3 Buah Ini Efektif Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Apa Saja?

Kompas.tv - 30 Januari 2024, 07:30 WIB
menurut-penelitian-3-buah-ini-efektif-turunkan-tekanan-darah-tinggi-apa-saja
Ilustrasi Buah-buahan yang dapat sembuhkan tekanan darah tinggi (Sumber: KamranAydinov on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko umum yang dapat dicegah untuk melindungi diri dari penyakit jantung.

Selain penggunaan obat-obatan, perubahan gaya hidup seperti mengonsumsi buah-buahan secara rutin, juga dapat memberikan kontribusi penting dalam menurunkan tekanan darah dan mendukung kesehatan jantung. 

Mengutip dari Healthline, berikut ini adalah tiga jenis buah yang dapat turunkan tekanan darah tinggi, menurut penelitian.

1. Buah Jeruk

Buah jeruk, termasuk jeruk bali dan lemon, diyakini memiliki efek menurunkan tekanan darah yang signifikan.

Kaya akan vitamin, mineral, dan senyawa tanaman, buah jeruk dapat berkontribusi dalam menjaga kesehatan jantung dengan mengatur tekanan darah.

Baca Juga: Coba 4 Minuman Ini, Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Sebuah penelitian yang melibatkan 101 wanita Jepang selama 5 bulan menunjukkan bahwa minum jus lemon setiap hari, disertai dengan olahraga berjalan, mampu mengurangi tekanan darah. 

Penelitian juga mendukung bahwa konsumsi jus jeruk dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

2. Buah Bit

Buah bit merupakan sumber nutrisi yang sangat baik, dan memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan nitrat yang tinggi pada buah bit dapat membantu merelaksasi pembuluh darah dan berpotensi menurunkan tekanan darah.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penambahan buah bit ke dalam makanan dapat berperan dalam pengendalian tekanan darah.



Sumber : Healthline


BERITA LAINNYA



Close Ads x