Kompas TV lifestyle kesehatan

7 Tanaman Herbal untuk Sembuhkan Ambeien, Mudah Diolah di Rumah

Kompas.tv - 27 Januari 2024, 07:15 WIB
7-tanaman-herbal-untuk-sembuhkan-ambeien-mudah-diolah-di-rumah
Lidah Buaya merupakan salah satu tanaman herbal yang dapat mengobati ambeien. (Sumber: Racool_studio on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Istilah umum ambeien digunakan untuk merujuk pada kondisi medis yang disebut hemoroid. Dikutip dari Mayo Clinic, hemoroid adalah pembengkakan pembuluh darah di anus dan rektum bagian bawah, yang menyerupai varises.

Gejala ambeien dapat mencakup rasa gatal, iritasi, pendarahan, rasa tidak nyaman, nyeri, kebas, atau bahkan pembengkakan dan pertumbuhan jaringan di sekitar anus.

Meskipun bisa dialami oleh siapa saja, umumnya ambeien lebih sering terjadi pada orang tua. Penanganan ambeien bisa menggunakan obat oral, meskipun tidak jarang kasus yang memerlukan tindakan operasi.

Namun, penting untuk diketahui bahwa ambeien, terutama pada tahap ringan, dapat diatasi dengan pengobatan alami menggunakan tanaman herbal yang mudah diperoleh atau bahkan dapat dibudidayakan di rumah.

7 Tanaman Herbal untuk Sembuhkan Ambeien

Dilansir Health.grid.id, berikut 7 tanaman herbal yang dapat menyembuhkan ambeien secara alami.

1. Lidah Buaya

Lidah buaya, yang umumnya dikenal untuk meningkatkan kesuburan rambut, ternyata juga bermanfaat dalam pengobatan ambeien.

Kandungan antioksidan dalam lidah buaya dapat membantu mengatasi ambeien secara alami. Cara mendapatkan manfaat ini, cukup mengolah lidah buaya menjadi jus dan mengonsumsinya setiap hari.

Baca Juga: Manfaat Air Rebusan Daun Sirih Hijau untuk Kesehatan Wajah, Bisa Mengatasi Jerawat!

2. Akar dan Batang Kangkung

Akar dan batang kangkung, selain lezat untuk dimakan, juga mengandung nutrisi seperti vitamin A, B1, C, protein, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Ternyata, akar daun kangkung dapat dijadikan obat ambeien. Caranya, cuci batang dan akar kangkung, lalu rebus dengan dua gelas air putih hingga tersisa kira-kira 1 gelas. Konsumsi air rebusan tersebut setiap hari.

3. Bunga Pagoda

Selain memiliki rasa manis pada bunganya, bunga pagoda juga mengandung saponin, polifenol, alkaloid, dan flavonoid yang dapat membantu menyembuhkan ambeien.

Caranya, cukup dengan meminum air rebusan bunga pagoda secara teratur.



Sumber : Mayo Clinic, Health.grid.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x