Kompas TV lifestyle kesehatan

10 Obat Alami yang Bisa Redakan Radang Tenggorokan, Mudah Dicoba di Rumah

Kompas.tv - 25 Januari 2024, 03:05 WIB
10-obat-alami-yang-bisa-redakan-radang-tenggorokan-mudah-dicoba-di-rumah
Ilustrasi. Radang tenggorokan dapat disembuhkan menggunakan 10 bahan alami yang aman dikonsumsi (Sumber: Jcomp on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS TV - Radang tenggorokan merupakan kondisi medis yang umumnya tidak membahayakan. Ada beberapa obat alami yang dapat membantu meredakannya.

Radang tenggorokan membuat penderitanya tidak nyaman karena dapat menyebabkan rasa sakit saat menelan. Rasa sakit ini muncul sebagai gejala penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri yang mempengaruhi tenggorokan.

Radang tenggorokan biasanya dapat disembuhkan dengan mengonsumsi obat-obatan, atau bisa juga menggunakan bahan alami yang aman digunakan.

Mengutip dari Medical News Today dan Healthline, berikut adalah 10 bahan alami yang dapat meredakan radang tenggorokan.

1. Madu

Madu dikenal sebagai pemanis alami yang dapat membantu meredakan radang tenggorokan. Madu telah dipercaya sebagai obat alami sejak zaman dahulu, dan memiliki efek antiinflamasi, antioksidan, dan antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi dan meredakan nyeri tenggorokan.

Selain itu, penggunaan madu dapat meningkatkan kelezatan beberapa jenis pengobatan. Namun, penting untuk dicatat bahwa penggunaan madu, terutama dengan air hangat, dapat menjadi cara yang efektif untuk meredakan gejala radang tenggorokan.

Meskipun demikian, disarankan agar anak-anak di bawah usia 1 tahun menghindari konsumsi madu karena usus mereka belum memiliki bakteri sehat yang dapat melawan kuman tertentu, seperti spora botulisme, yang mungkin terdapat dalam madu.

2. Akar Manis

Akar manis merupakan tanaman yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional dengan efek antivirus, antibakteri, dan antiinflamasi.

Sifat herbalnya mirip aspirin, sehingga dapat dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi radang tenggorokan. Penggunaan akar manis juga dapat mengurangi risiko radang tenggorokan usai operasi pelepasan tabung pernapasan.

Baca Juga: Catat! 15 Tanaman Herbal yang Bisa Dijadikan Teh, Ada Lavender dan Serai

Manfaat ini dibuktikan oleh studi yang menunjukkan bahwa berkumur dengan air akar manis sebelum operasi dapat mengurangi risiko radang tenggorokan hingga 50 persen dibandingkan dengan berkumur dengan air gula.

Cara mendapatkan manfaat ini adalah dengan mencampurkan bubuk akar manis menggunakan air panas, diamkan selama 5 menit, lalu saring sebelum diminum.

Namun, meskipun akar manis telah digunakan dalam pengobatan tradisional, namun belum ada penelitian langsung yang membuktikan manfaatnya dalam mengatasi radang tenggorokan terkait penyakit.

3. Air Lemon

Air lemon diakui sebagai obat alami yang dapat menyegarkan dan meredakan radang tenggorokan saat mengalami pilek dan flu.

Manfaat ini disebabkan oleh kandungan vitamin C dan antioksidan yang kuat dalam lemon. Senyawa-senyawa tersebut dapat membantu tubuh meredakan peradangan dan mengurangi stres oksidatif, yang merupakan gejala penyakit.

Lemon juga dapat meningkatkan produksi air liur, menjaga kelembaban selaput lendir. Cara mendapatkan manfaat ini adalah dengan mencampurkan lemon ke dalam air hangat dan menambahkan sedikit madu atau air garam.

4. Jahe

Jahe dikenal sebagai rempah obat dengan sifat antibakteri dan antiinflamasi yang efektif untuk mengatasi radang tenggorokan.

Penelitian laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak jahe dapat membunuh beberapa bakteri dan virus penyebab penyakit pernapasan.



Sumber : Medical News Today, Healthline


BERITA LAINNYA



Close Ads x