Kompas TV lifestyle tren

Rekrutmen CPNS-PPPK 2024, Kemenpan RB Siapkan Formasi Khusus untuk Langsung Kerja di IKN

Kompas.tv - 23 Januari 2024, 08:32 WIB
rekrutmen-cpns-pppk-2024-kemenpan-rb-siapkan-formasi-khusus-untuk-langsung-kerja-di-ikn
Ilustrasi Presiden Jokowi meninjau Sumbu Kebangsaan, di Kawasan IKN. Kemenpan RB akan menyiapkan formasi khusus pada rekrutmen CPNS-PPPK 2024 untuk langsung kerja di IKN (Sumber: BPMI Setpres)
Penulis : Dian Nita | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan instruksi kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) untuk menyiapkan formasi khusus dalam rekrutmen CPNS-PPPK 2024 yang akan langsung bekerja di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengatakan, pengusulan kebutuhan pada Seleksi CASN 2024 ini, perlu formasi khusus yang disiapkan untuk langsung bekerja di IKN.

Bukan hanya dari Otorita IKN saja, lanjut Anas, melainkan juga dari seluruh unsur pemerintah pusat yang akan pindah ke IKN sesuai tahapannya.

“Presiden meminta agar kami juga menyiapkan formasi kebutuhan bagi fresh graduate, bukan saja untuk Otorita IKN, tetapi juga seluruh kementerian dan lembaga yang akan pindah ke IKN Nusantara,” ujar Anas dalam keterangan tertulisnya, Senin (22/1/2024).

Baca Juga: Syarat Pendaftaran CPNS 2024 yang Akan Dibuka Maret, Ini Timeline Rekrutmen Sebanyak 3 Kali

Anas mengatakan, usulan formasi khusus ini merupakan tindaklanjut terkait mematangkan beberapa skenario pemindahan aparatur sipil negara (ASN) ke IKN.

Hal ini, kata Dia, untuk memastikan kinerja pemerintahan di IKN tetap berjalan produktif ketika sudah pindah ke IKN.

Dalam pembuatan skenario pemindahan ASN ke IKN ini, Kementerian PANRB tidak hanya mengoordinasikan jumlah ASN dari pemerintah pusat yang akan pindah saja.

Lebih dari itu, Kementerian PANRB juga harus menyiapkan skenario agar fungsi pemerintahan dapat langsung berjalan optimal.

“Tentu kita koordinasi dengan kementerian/lembaga juga berapa sesungguhnya yang diperlukan bagi talenta-talenta unggul yang akan dipilih oleh kementerian/lembaga untuk langsung berkantor di IKN Nusantara,” lanjut Anas.

Baca Juga: Pendaftaran CPNS 2024 Dibuka untuk Fresh Graduate, Ini Cara Cek Jurusan yang Dibutuhkan

Formasi CPNS-PPPK 2024



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x