Kompas TV lifestyle kesehatan

5 Bahan Alami Ini Aman dan Ampuh Atasi Gatal Pada Kulit, Simak Cara Menggunakannya

Kompas.tv - 16 Januari 2024, 18:05 WIB
5-bahan-alami-ini-aman-dan-ampuh-atasi-gatal-pada-kulit-simak-cara-menggunakannya
Ilustrasi. Gel Lidah Buaya merupakan salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi gatal pada kulit. (Sumber: Jcomp on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS TV - Gatal di kulit mungkin terkesan remeh bagi kita. Namun, rasa gatal bisa saja mengganggu kenyamanan. Biasanya setelah digaruk, kulit juga akan menghitam dan mengganggu penampilan.

Mengutip dari Mayo Clinic, gatal pada kulit dapat diakibatkan oleh berbagai faktor, termasuk kulit yang kering, penyakit dalam, hingga reaksi iritasi dan alergi.

Sensasi gatal yang muncul umumnya dapat dikenali melalui tanda-tanda seperti kemerahan, benjolan, kulit kering dan bersisik, serta keinginan untuk menggaruk area yang terkena.

Mengutip Kompas.com, ada 5 bahan alami yang memiliki khasiat alami sebagai pengobatan gatal yang aman dan efektif sebagai berikut.

1. Daun Ketapang

Daun ketapang diketahui memiliki manfaat dalam meredakan sensasi gatal pada kulit. Selain itu, minyak dari daun ketapang dapat membuat kulit menjadi lebih lembab, kenyal, dan halus.

Cara mendapatkan manfaatnya, cukup oleskan minyak daun ketapang secara langsung ke permukaan kulit.

Baca Juga: 20 Manfaat Daun dan Buah Ciplukan untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Bisa Turunkan Gula Darah!

2. Daun Lidah Buaya

Daun lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang dapat digunakan sebagai pengobatan untuk gatal akibat sunburn, gigitan nyamuk, eksim, dan psoriasis.


Tanaman ini mengandung sifat antiinflamasi, antioksidan, dan antimikroba yang dapat mengurangi rasa gatal pada kulit. Cara mendapatkan manfaatnya, cukup mengoleskan gel lidah buaya pada area kulit yang mengalami gatal.

3. Cuka Apel

Ramuan cuka apel, yang berasal dari buah apel, juga dapat menjadi obat gatal alami selain minyak dari daun-daun tanaman. Cuka apel diketahui juga dapat membantu mengurangi sensasi gatal pada kulit, terutama pada area kulit kepala.

Untuk mendapatkan manfaatnya, cukup campurkan cuka apel dengan air dalam perbandingan satu banding satu. Kemudian oleskan campuran ini ke kulit kepala, biarkan hingga mengering, dan setelah itu bilas menggunakan air hangat.



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA


Opini

Ironi Stadion Olimpiade Berlin

13 Juli 2024, 15:05 WIB

Close Ads x