Kompas TV lifestyle kesehatan

Konsumsi Rutin Spearmint Tea, Ini 7 Manfaatnya

Kompas.tv - 10 Januari 2024, 07:00 WIB
konsumsi-rutin-spearmint-tea-ini-7-manfaatnya
Ilustrasi Spearmint Tea. Setidaknya ada 7 mantaaf mengkonsumsi spearment tea tiap hari. (Sumber: Jcomp on Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Spearmint tea merupakan salah satu teh herbal yang dianggap memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti mengatasi jerawat hormonal. Spearmint tea terbuat dari daun spearmint (Mentha spicata).

Spearmint kaya akan antioksidan dan senyawa alami yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satu kahasiat spearmint tea adalah menyeimbangkan hormon, menenangkan tubuh dan masih banyak lagi.

Dikutip dari laman Healthline, berikut ragam manfaat spearmint tea untuk tubuh jika dikonsumsi setiap hari. 

Baca Juga: Jaga Kesehatan Pankreas dengan 9 Makanan Ini

1. Membantu mengatasi jerawat

Spearmint tea memiliki sifat antibakteri dan antiradang yang dapat membantu mengatasi jerawat. Asam rosmarinik dalam spearmint tea dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat, sedangkan sifat antiradangnya dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit.

2. Mengurangi kadar hormon testosteron

Spearmint tea juga dapat membantu mengurangi kadar hormon testosteron, terutama pada wanita. Hal ini dapat bermanfaat untuk mengatasi kondisi yang disebabkan oleh kadar testosteron berlebih, seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS).

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Fertility and Sterility menemukan bahwa wanita dengan PCOS yang mengonsumsi spearmint tea selama 12 minggu mengalami penurunan kadar testosteron dan peningkatan kadar hormon luteinizing (LH).

3. Meningkatkan pencernaan

Spearmint tea memiliki sifat karminatif yang dapat membantu mengurangi gas dan kembung. Selain itu, spearmint tea juga memiliki sifat antispasmodik yang dapat membantu meredakan kram perut.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Journal of Traditional and Complementary Medicine menemukan bahwa spearmint tea dapat membantu mengurangi gejala sindrom iritasi usus besar (IBS).



Sumber : Kompas TV, Healthline


BERITA LAINNYA



Close Ads x