Kompas TV lifestyle tren

Kemenag Buka Seleksi Petugas Haji Arab Saudi Mulai 11 Januari 2024, Usia 55 Tahun Bisa Daftar

Kompas.tv - 9 Januari 2024, 04:05 WIB
kemenag-buka-seleksi-petugas-haji-arab-saudi-mulai-11-januari-2024-usia-55-tahun-bisa-daftar
Kepulangan jemaah haji Indonesia didampingi oleh petugas haji, Jumat (4/8/2023). Kementerian Agama akan memasukkan latihan fisik dalam Manasik Haji 2024. (Sumber: Kemenag RI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Desy Afrianti

JEDDAH, KOMPAS.TV - Kementerian Agama (Kemenag) membuka seleksi petugas haji atau Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi untuk tingkat pusat. 

Pendaftaran seleksi petugas haji Arab Saudi ini akan dibuka pada 11 – 19 Januari 2024.

“Kami mengundang para pelamar yang memenuhi syarat, untuk ikut ambil bagian dalam seleksi PPIH Arab Saudi. Pendaftaran dibuka dari 11 sampai 19 Januari 2024 melalui SuperApps Pusaka Kementerian Agama,” kata juru bicara Kemenag Anna Hasbie di Jeddah, Senin (8/1/2024).

Anna saat ini berada di Arab Saudi guna mendampingi Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang tengah melakukan kunjungan kerja.

Menag Yaqut dijadwalkan menandatangani MoU terkait Penyelenggaraan Ibadah Haji 1445 H/2024 M dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Taufiq F Al Rabiah.

Terkait seleksi petugas haji Arab Saudi, Anna menjelaskan bahwa ada tes yang harus dijalani pelamar yaitu Computer Assisted Test (CAT) dan Wawancara. 

Soal CAT akan melibatkan aspek wawasan kebangsaan, moderasi beragama, regulasi perhajian, manasik haji, dan tugas fungsi layanan. 

Sedangkan Wawancara fokus pada kemampuan baca tulis Al-Quran, pendalaman tugas petugas haji, problem solving, integritas, pemahaman keagamaan moderat, dan kepemimpinan.

“Untuk CAT dan wawancara, akan dilaksanakan di Asrama Haji Pondok Gede pada 25 Januari 2024. Hasil seleksi akan diumumkan melalui akun masing-masing peserta pada 29 Januari 2024,” ujarnya.

Baca Juga: Catat, Berikut Link dan Syarat Mendaftar Awak Kabin Garuda Indonesia untuk Penerbangan Haji 2024

Posisi Seleksi Petugas Haji Arab Saudi 2024

Seleksi petugas haji atau PPIH 2024 ini dibuka untuk empat posisi yaitu Media Center Haji (MCH), Pelindungan Jemaah, Layanan Jemaah Lansia, serta Penanganan Krisis dan Pertolongan Pertama pada Jemaah Haji (PKP3JH). 

Khusus untuk posisi MCH, seleksi awal saat ini tengah berlangsung dan dilakukan oleh Biro Humas, Data, dan Informasi Setjen Kemenag.

Syarat Pendaftaran Seleksi Petugas Haji Arab Saudi 2024

Untuk mendaftar seleksi petugas haji atau PPIH 2024, pelamar harus membuat akun terlebih dahulu melalui SuperApps Pusaka Kementerian Agama. 

Setelah itu, pelamar wajib mengunggah sejumlah berkas persyaratan yang dibutuhkan.

Untuk lebih lengkapnya, berikut syarat pendaftaran seleksi petugas haji Arab Saudi 2024.

1. Persyaratan Umum

a. Warga Negara Indonesia;

b. Beragama Islam;

c. Berbadan Sehat/istitaah;

d. Laki-laki dan/atau Perempuan;

e. Tidak dalam keadaan hamil;



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x