Kompas TV lifestyle kesehatan

Minum Rutin, Ini 10 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan Tubuh

Kompas.tv - 29 Desember 2023, 06:00 WIB
minum-rutin-ini-10-manfaat-susu-kedelai-untuk-kesehatan-tubuh
Ilustrasi. Minum Susu Kedelai (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Susu kedelai merupakan susu yang dibuat dari ekstraksi sari kacang kedelai. Susu nabati jenis ini dapat menjadi pilihan atau alternatif selain susu sapi. 

Terlebih, bagi orang-orang yang tidak bisa mencerna laktosa susu sapi atau intoleransi laktosa. Tidak hanya itu, susu kedelai juga memiliki beragam manfaat kesehatan bagi tubuh.

Dikutip dari laman Health Line, segelas susu kedelai atau 244 ml mengandung 105 kalori, dan berbagai nutrisi lain, seperti protein, karbohidrat, lemak, dan serat. Tak hanya itu, susu kedelai juga mengandung antioksidan, seperti flavonoid dan isoflavon.

Baca Juga: Harga Kedelai Impor Melambung, Usaha Susu Kedelai Terancam Rugi

Berikut ragam manfaat susu kedelai untuk kesehatan tubuh.

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat susu kedelai yang pertama adalan menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan isoflavon dalam susu kedelai dapat menstabilkan peredaran darah.

Jika tidak segera diatasi, hipertensi dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah di dalam tubuh.

2. Meningkatkan Kesehatan Otak

Menurut studi Effects of soy isoflavones on cognitive function: a systematic review and meta-analysis of randomized controlled trials yang terbit pada Nutrition Reviews, susu soya mengandung isoflavon yang memberikan efek menguntungkan pada kognisi. Dalam studi tersebut menjelaskan, isoflavon merupakan fitoestrogen yang aktivitasnya mirip dengan estrogen. 

Kandungan tersebut dapat menghilangkan amiloid β10 dan mengurangi fosforilasi yang pada akhirnya mampu mencegah penyakit Alzheimer. Selain itu, isoflavon juga memberikan efek anti-inflamasi dan anti-oksidatif.

Bahkan, kandungan tersebut dapat menghambat jalur apoptosis mitokondria yang secara keseluruhan mampu meningkatkan fungsi kognitif seseorang.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Jurnal ilmiah berjudul Impact of soy milk consumption on cardiometabolic risk factors: A systematic review and meta-analysis of randomized controlled trials yang dipublikasikan Journal of Functional Foods menyebutkan, menkonsumsi susu kedelai dapat dapat mendukung sistem kardiovaskular. 

Susu kedelai juga mengandung potasium dan kalium yang bermanfaat menjaga tekanan darah rendah dan denyut nadi tetap teratur.

4. Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Manfaat minum susu kedelai bagi wanita yaitu bisa menurunkan risiko kanker payudara. Menurut studi tahun 2017 American Cancer Society oleh Omer Kucuk MD dari Emory University, Atlanta, menunjukkan efek kedelai yang dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara (terutama pada orang pramenopause).

Pada International Journal of Clinical and Experimental Medicine tahun 2015, para peneliti dari China melaporkan telah menganalisis 785 studi yang melibatkan lebih dari 23.000 wanita (AFAB). Hasilnya ditemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi kedelai 69 persen akan lebih kecil kemungkinannya mengalami pengembangan kanker payudara daripada wanita yang tidak makan-makanan kedelai.

5. Mengurangi Risiko Kanker Prostat

Salah satu manfaat susu kedelai untuk pria adalah mengurangi risiko kanker prostat. Kanker prostat adalah jenis kanker pada pria, yang berkembang dalam kelenjar prostat. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x