Kompas TV lifestyle kesehatan

9 Manfaat Mendengarkan Musik untuk Kesehatan

Kompas.tv - 28 Desember 2023, 19:00 WIB
9-manfaat-mendengarkan-musik-untuk-kesehatan
Ilustrasi mendengarkan musik. (Sumber: Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Musik adalah bagian penting dari kehidupan manusia. Selain sebagai sarana hiburan, musik juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, baik fisik maupun mental.

Dikutip dari laman Healtline, berikut beberapa manfaat mendengarkan musik untuk kesehatan.

1. Meningkatkan Suasana Hati

Mendengarkan musik yang disukai dapat membantu meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, dan kecemasan. Musik juga dapat meningkatkan produksi hormon endorfin, yang berperan dalam memberikan rasa bahagia dan kegembiraan. 

Baca Juga: Asal-Usul Headphone, Awalnya Bukan untuk Mendengarkan Musik? Begini Penjelasannya

2. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Mendengarkan musik dapat meningkatkan fungsi kognitif, seperti daya ingat, konsentrasi, dan kemampuan belajar. Musik juga dapat membantu meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan kreativitas.

3. Mengatasi Gangguan Kejiwaan

Melansir situs Peterson Family Foundation, terapi musik dapat digunakan pada orang-orang yang mengalami gangguan kejiwaan. Musik berperan dalam mengurangi hormon stres (kortisol), serta meningkatkan hormon oksitosin dan dopamin yang berperan dalam memberikan semangat dan rasa bahagia.

Dengan manfaat musik tersebut, tubuh dan pikiran dapat menjadi lebih rileks, sehingga masalah seperti stres, depresi, dan kecemasan dapat teratasi. Terapis biasanya telah memilih sejumlah lagu atau instrumental yang cocok digunakan untuk proses terapi tersebut.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Mendengarkan musik yang menenangkan dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Musik dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh, sehingga lebih mudah untuk tertidur dan tidur nyenyak. 

Cobalah dengarkan musik yang bernada lembut dan menenangkan sebagai pengantar tidur Anda. Hasilnya, Anda bisa lebih mudah terlelap dan tidur dapat lebih nyenyak.

Kualitas tidur yang baik tentunya dapat meningkatkan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Mendengarkan musik juga dapat membantu Anda bila sedang mengalami insomnia dan gangguan tidur lainnya.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Musik juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Melansir laman Sleep Foundation, manfaat musik ini bisa diperoleh bila mendengarkan musik yang tempo atau kecepatannya sama dengan irama jantung normal.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x